Optimalisasi Peran Perempuan Dalam Pembangunan Ekonomi Daerah

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih, MAS. membuka pelaksanaan Forum Silaturahmi Dewan Pembina dan Pengurus Cabang Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Berau.

Kegiatan Forum Silaturahmi GOW yang  diselenggarakan juga dihadiri oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Berau ini dilaksanakan di Balai Mufakat, Jalan Cendana, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur pada Kamis (21/10/2021).

Dalam pembukaan forum tersebut, Bupati Berau menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Berau ini. Menurutnya  kegiatan tersebut memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Berau, khususnya yang dikelola oleh rumah tangga.

“Saya sangat bangga kegiatan forum silaturahmi ini dapat berjalan kembali, apalagi forum  pengurus GOW juga mengajak beberapa UMKM yang nantinya bisa dibina untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang kemarin terpuruk akibat pandemi Covid-19,” ujar Bupati Hj. Sri Juniarsih, MAS. yang juga merupakan Pembina GOW Berau.

Selain itu, Bupati juga menerangkan solusi mengenai masalah keuangan terkait pelaksanaan kegiatan yang disusun oleh GOW sebagaimana yang diatur dalam perubahan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri (Permendagri) No 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi, Kodefikasi, Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah.

“Sekarang organisasi wanita hanya perlu melakukan pengajuan ke DPPKBP3A apabila ingin melakukan suatu kegiatan, selanjutnya tinggal DPPKB3A yang mengelola masalah keuangannya, tidak seperti dahulu yang langsung memberikan dana operasionalnya ke organisasi wanita tersebut,” ungkapnya.

Bupati berharap melalui Forum Silaturahmi Dewan Pembina dan Pengurus GOW Berau ini, segenap organisasi wanita di Kabupaten Berau dapat saling menjalin silaturahmi, bekerja sama, serta mengembangkan konsep emansipasi wanita.

Baca juga:  Pesimis Gedung Indoor Dapat Terealisasi

“Melalui forum ini semoga kaum perempuan dapat saling belajar, mendapatkan saudara dan relasi baru untuk sama-sama membangun daerah kita tercinta Kabupaten Berau”, Imbuhnya.

Tidak hanya itu, Bupati juga berharap di tengah maraknya pelanggaran hak perempuan, Bupati memohon kepada segenap organisasi wanita untuk lebih menekankan betapa berharganya kaum perempuan untuk dijaga kehormatannya dan sebagai kaum perempuan juga bisa berkontribusi besar dalam mewujudkan konsep-konsep pembangunan di daerah terkhusus di Bumi Batiwakkal” tutup Bupati Berau. (Chr).

Read Previous

Peringati Maulid Nabi Muhammad, Bupati Berau Ajak Umat Islam Memperkokoh Iman dan Ketaqwaan

Read Next

Lantik Kepala Kampung Gunung Sari, Berikut Arahan Bupati Hj. Sri Juniarsih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *