Sinergi Pemkab Berau Bersama Organisasi Kepemudaan Harus Ditingkatkan

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Tepat pada hari ini tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia terjadi. Pemuda-pemudi dari beragam suku, agama, ras, dan kelompok di seluruh nusantara bersatu dan mengucapkan ikrar sebagai “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”, melalui Kongres Pemuda II yang diadakan di Batavia (sekarang Jakarta) pada tanggal 28 Oktober 1928. Momen tersebut diperingati sebagai “Hari Sumpah Pemuda”.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 tahun. Upacara tersebut digelar di Halaman Kantor Bupati Berau, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Kamis (28/10/2021) pagi tadi.

Dengan mengusung Tema Nasional Sumpah Pemuda 2021, yakni  “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”, pelaksanaan upacara berjalan dengan khidmat dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Upacara Sumpah Pemuda ini dihadiri oleh Sultan Gunung Tabur, Adji Bahrul Hadi; Sekda Berau, M. Gazali; Wakil Ketua I DPRD Berau, Hj. Syarifatul Sadiah; serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Berau.

Jalannya upacara ini turut diikuti oleh Organisasi Kepemudaan Se-Kabupaten Berau. Sebanyak 11 OKP yang mengikuti upacara ini, diantaranya: Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), KBPP Polri, GP Ansor, PP Muhammadiyah, FKPPI, Pemuda Pancasila, Pemuda Panca Marga, PPI Kabupaten Berau, KONI Berau, dan Kwartir Cabang Pramuka.

Upacara Sumpah Pemuda dipimpin langsung oleh Yudha Salisthia dengan disertai pengibaran bendera merah putih oleh PPI Kabupaten Berau. Dalam upcara ini, dilakukan pembacaan hasil Kongres Pemuda beserta Sumpah Pemuda oleh Sekjend DPD KNPI, M. Muchsin Saleh. Seluruh peserta ikut mengucapkan Sumpah Pemuda dengan lantang dan tegas.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, M.Gazali, bertugas sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan pesan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali dan pesan dari Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih, MAS.

Baca juga:  Pemkab Berau Lanjutkan Kerja Sama dengan UMY

“Melalui Sumpah Pemuda ini, para pemuda-pemudi dituntut untuk menegaskan kembali komitmen yang dibangun pada tahun 1928 lalu. Pemuda diharapkan bangkit, kobarkan kembali semangat yang hilang pada bangsa ini akibqt keterpurukan Covid-19,” tuturnya.

Ketua KNPI, Hardiansyah, turut hadir dalam upacara peringatan sumpah pemuda. Mewakili pemuda Berau, ia memberikan pesan untuk para pemuda agar selalu berkarya untuk daerah maupun bangsa.

“Momentum Sumpah Pemuda ini adalah hari yang bersejarah karena para pemuda yang berasal dari seluruh nusantara dengan latar belakang yang berbeda dapat bersatu demi kemerdekaan bangsa. Jadi, tidak ada lagi perbedaan, tapi kami adalah bangsa yang besar. Sehingga, dalam membangun daerah perlu adanya persatuan dari pemuda agar lahir kaum intelektual di daerah yang terus berkembang” terangnya.

Tak hanya itu, Ketua GP Ansor, Mupit Datusahlan juga memberikan wejangan untuk para pemuda di hari bersejarah ini. Ia mengharapkan sinergitas pemuda dengan pemerintah daerah terus berlangsung.

“Kami sebagai pemuda-pemudi Indonesia, dituntut untuk meresapi dan mengilhami semangat perjuangan para pemuda di era kemerdekaan. Pemuda harus memgambil setiap keputusan dan langkah-langkah untuk pembangunan daerah,” pungkasnya.(Chr).

Read Previous

Wujudkan Desa Bersih Narkoba, BNNP -BNNK Lakukan Tes Urine.

Read Next

Antisipasi Bencana Melalui Kampung Siaga Bencana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *