Antisipasi Bencana Melalui Kampung Siaga Bencana

Vinkmag ad

MALINAU, Lensaku – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) Dr Yansen TP M.Si turut hadir dalam pelaksanaan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Desa Pulau Sapi, Kamis (28/10/2021).

Wagub mengungkapkan Indonesia adalah salah satu negara yang begitu rawan terhadap bencana. Di mana hampir semua wilayah dan masyarakatnya rentan menjadi korban bencana.

“Hal ini disebabkan karena Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik utama dunia,”kata Wagub.

Belum lagi ulah manusia yang mengksploitasi sumberdaya alam secara berlebihan tanpa memikirkan keberadaan alam yang ada di sekitar.

Hal ini justru membuat eskalasi bencana semakin terus meningkat. Karena itu dibutuhkan pemetaan terhadap potensi kerawanan bencana alam oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltara.

“Sebab potensi bencana di Kaltara cukup besar, sehingga kita harus melakukan pemetaan sejak dini sebagai upaya mengantisipasinya,” jelas Wagub.

Salah satu upaya mengantisipasi terjadinya bencana adalah dengan membentuk Kampung Siaga Bencana. Ini merupakan wadah formal penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Wagub berharap melalui Kampung Siaga Bencana risiko bencana dapat dikurangi dengan menggunakan metode pendekatan langsung ke masyarakat.

“Mudah-mudahan melalui pendekatan ini pengurangan bencana di wilayah Kaltara dapat segera terwujud,” tuntasnya. (dkisp-kaltara)

Baca juga:  BPTD Sambut Baik Usulan Pembangunan Pelabuhan Bebatu Tana Tidung

Read Previous

Sinergi Pemkab Berau Bersama Organisasi Kepemudaan Harus Ditingkatkan

Read Next

DPMK Berau Serahkan Logistik Pilkakam Serentak 2021 Ke 9 Kecamatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *