• Senin, 17 Juni 2024

DPRD Berau Minta Masyarakat Kampung Legowo Apabila Calon Kakam Yang Didukung Kalah

BERAU, Lensaku – Pemilihan Kepala Kampung Serentak Tahun 2021 sudah berlangsung di 28 kampung Se-Kabupaten Berau. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau meminta masyarakat kampung untuk bersikap legowo, apabila calon Kepala Kampung (Kakam) yang didukung kalah dalam pemilihan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Berau, Madri Pani, saat meninjau langsung ke TPS 02, Kampung Sei Bebanir Bangun, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Selasa (02/10/2021).

“Tentunya yang namanya demokrasi pasti ada yang kalah dan yang menang, tinggal bagaimana masyarakat kampung dapat memberikan kepercayaan secara baik terhadap pemimpinnya. Kami mengingatkan bahwa apapun yang kita inginkan semuanya itu adalah atas restunya Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, jangan ada nanti setelah ada pemenangnya, masyarakat tidak legowo dan tidak menerima hasil pemilihan. Setelah ada calon Kakam yang menang, ya itulah pemimpin kampung yang harus dihormati dan dihargai,” tuturnya.

Masih kata Ketua DPRD Berau, dirinya mengingatkan bahwa masyarakat kampung yang menjalankan pemilihan harus pandai. Menurutnya, setiap pemilihan demokrasi itu pasti ada pro dan kontra.

“Ya memang, masyarakat kampung harus cerdas, jangan mau diprovokasi atau digiring opininya dengan berita-berita hoax atau berita yang tidak valid. Demokrasi itu pasti ada pro dan kontra, itu intisari dari demokrasi, kita harus hormati itu,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Madri Pani juga meminta para kandidat Kepala Kampung yang tidak terpilih untuk bersikap ikhlas dan menerima hasil penghitungan suara selayaknya sikap dewasa dalam berpolitik. Menurutnya, setiap insan yang ingin mencalonkan diri menjadi pemimpin harus siap menerima segala resiko yang terjadi.

“Setiap calon pemimpin, baik itu negara, daerah, bahkan kampung sekalipun harus siap kalah dan siap menang. Saya mengimbau setiap calon untuk menjaga kondusifitas kampung jangan sampai terjadi gejolak-gejolak yang tidak kita inginkan. Dulu saat saya menjadi Kepala Kampung, sebelum terpilih ada yang namanya Pakta Integritas, ‘Siap Kalah, Siap Menang!’, Patuh pada aturan-aturan yang sudah diberikan kepada Bakal-Bakal Kepala Kampung yang akan dipilih ini,” tegasnya.

Tak luput dari itu, Ketua DPRD Berau juga meminta kandidat kepala kampung yang terpilih untuk dapat mengemban amanahnya dalam memajukan kampung. Kembali lagi Ia mengingatkan, bahwa setiap Calon Kepala Kampung harus menepati Pakta Integritas yang telah disepakati secara bersama.

“Tentunya kami berharap Pemilihan Kepala Kampung ini, seluruh proses pemilihan dan penghitungan suara berjalan dengan baik dan bersih. Mudah-mudahan pemimpin yang dipilih oleh masyarakat ini dapat mengemban amanahnya, melayani masyarakat, dan dapat mengcover apa kekurangan-kekurangan yang ada di kampung. Intinya, mau terjun langsung ke masyarakat, agar pembangunan di suatu kampung itu secara signifikan ada peningkatan,” harapnya. (Chr).

Read Previous

Pelaksanaan Pilkakam Serentak 2021 Dimulai, Wakil Bupati Berau Tinjau Langsung Kondisi TPS

Read Next

Rapat Bersama Wapres, Bupati Paparkan Pariwisata dan Perkembangan UMKM Berau

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular