Pelaksanaan Pilkakam Serentak 2021 Dimulai, Wakil Bupati Berau Tinjau Langsung Kondisi TPS

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Wakil Bupati Berau, H. Gamalis, bersama jajaran Forkopimda meninjau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) Serentak Tahun 2021. Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan jalannya pemungutan suara dan penerapan protokol kesehatan di TPS pada Selasa (2/11/2021).

Peninjauan pertama dilakukan ke Kampung Sei Bebanir Bangun, Kecamatan Sambaling, yang turut melaksanakan Pilkakam tahun ini. Saat meninjau TPS 02, Wabup Berau mengatakan seluruh proses pemilihan, mulai dari Panitia TPS dan masyarakat yang memilih telah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Setelah itu, rombongan Wabup Berau beranjak ke Kampung Maluang, Kecamatan Gunung Tabur. Dikatakannya, TPS di Kampung Maluang juga telah menerapkan protokol kesehatan dan menjaga ketertiban saat proses pemungutan suara berjalan.

“Alhamdulilah kedua TPS atau Kampung yang kami kunjungi hari ini sudah menyelenggarakan Pilkakam tahun ini dengan baik. Kedua kampung telah menerapkan protokol kesehatan yang ada, mulai dari kelengkapan tempat cuci tangan, setiap pemilih memakai masker dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya ketika mengantri, serta pintu masuk yang dijaga ketat sesuai aturan prokes yang berlaku,” terang Wabup Berau, H. Gamalis.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Berau, mengimbau kepada seluruh masyarakat pemilih, seluruh tim sukses, dan Panitia Pilkakam untuk tetap menjaga keamanan dan kondusifitas selama berjalannya Pilkakam, mulai dari awal pemilihan hingga tahap akhir, yakni penghitungan suara. Wakil Bupati Berau juga berharap Pilkakam Serentak Tahun 2021 ini tidak menimbulkan klaster baru Covid-19.

“Ini adalah pemilihan kepala kampung, pemilihan pemimpin kita, jangan sampai pemilihan seperti ini dinodai oleh hal-hal yang tidak kita inginkan. Saya berharap kondisi Kabupaten Berau pasca Pilkakam Serentak Tahun 2021 ini, tetap dalam keadaan aman, damai, dan kondusif. Kedua TPS yang kami kunjungi ini sudah menandatangani Pakta Integritas, jadi saya mohon tidak ada konflik pasca pemilihan. Terpilih atau tidak terpilihnya saat pemungutan suara, itu merupakan resiko yang harus kita terima dalam mengikuti pesta demokrasi ini,” tambahnya.

Baca juga:  Sinergi Kendalikan Inflasi dan Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri

Perlu diketahui, Pilkakam Serentak Tahun 2021 ini dilaksanakan di 28 kampung dari 9 kecamatan Se-Kabupaten Berau. Kemudian, untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di setiap kampung sebanyak 61 TPS. Sementara itu, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Kabupaten Berau sendiri sebanyak 27.177 pemilih.

Adapun peninjauan Wakil Bupati Berau ke 2 kampung yang menjalankan Pilkakam tahun ini, dipilih secara acak. Selain itu, kedua kampung tersebut dikarenakan juga memiliki 5 calon Kepala Kampung. Lebih lanjut, Wabup Berau juga mengungkapkan bahwa peninjauannya ini hanya 2 kampung lantaran dirinya akan menyambut kedatangan Menko PMK RI ke Bumi Sanggam.

“Yang terutama dalam Pilkakam Serentak tahun ini, di setiap kampung yang melaksanakan pemilihan sudah kami sebar Tim-Tim Pengamanan dan Pengawasan ke masing-masing TPS. Kemudian, dari pihak Polres Berau hari ini juga berpatroli, serta beberapa instansi tetap bergerak untuk mengawasi dan memantau Pilkakam yang dilakukan serentak ini berjalan secara aman dan damai,” tutupnya. (Chr)

Read Previous

Open Tournament Korfball Antar Klub Tahun 2021, Berau Undang Samarinda Dan Bulungan

Read Next

DPRD Berau Minta Masyarakat Kampung Legowo Apabila Calon Kakam Yang Didukung Kalah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *