• Sabtu, 20 April 2024

Jumlah Penduduk Yang Sudah Divaksin Dosis I Di Kabupaten Berau Sebanyak 124.480 Jiwa

BERAU, Lensaku – Cakupan vaksinasi dosis I di Kabupaten Berau, hingga kemarin Senin, 15 November 2021, telah mencapai 66,3 % persen. Angka ini setara dengan 124.480 jiwa masyarakat Kabupaten Berau yang sudah diberikan vaksin untuk dosis I.

Sementara itu, untuk vaksinasi dosis II hingga kemarin, telah mencapai 51,4 % persen dari target. Nilai ini setara dengan 96.603 jiwa masyarakat Kabupaten Berau yang sudah diberikan vaksin dosis II.

“Target yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Kabupaten Berau itu adalah 187.847 jiwa yang harus sudah divaksin, baik dosis I maupun dosis II,” terang Staff Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Heri.

Dijelaskannya juga, capaian vaksinasi di Kabupaten Berau untuk dosis I dan dosis II ini sudah mencakup semua, termasuk data manual yang belum tercantum di PeduliLindungi. Data tersebut juga termasuk vaksinasi segala dosis, baik Sinovac maupun Astrazeneca.

“Ya, data ini sudah mencakup semuanya beserta masyarakat yang belum terdata di PeduliLindungi, biasanya hal itu terjadi karena adanya ketidaklengkapan dalam Administrasi, dan itu tetap kami data secara manual,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Iswahyudi, menjelaskan, bahwa ada 2 jenis pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Kabupaten Berau. Pelaksanaan vaksinasi tersebut terus digiatkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk menuju herd immunity.

“Jadi untuk pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Berau itu ada 2 jenis, yakni Vaksin Program yang merupakan vaksinasi yang diadakan oleh Pemerintah, seperti di Puskesmas, dan lain-lain. Kemudian, ada juga Vaksin Gotong-Royong yaitu vaksinasi yang diadakan oleh swasta, seperti perusahaan, komunitas, dan sebagainya,” jelasnya.

Hingga saat ini, Dinas Kesehatan Berau terus mengupayakan perolehan dosis vaksin dari Pemerintah Pusat guna mencapai target yang telah ditentukan. Perolehan dosis vaksin tersebut juga digalakkan untuk para pelajar agar dapat menjalankan Pelaksanaan Tatap Muka (PTM).

Perlu diketahui, status Kabupaten Berau sejak tanggal 09 November 2021 lalu telah memasuki tingkat PPKM Level 2. Sementara itu, sampai tanggal 16 November 2021 hari ini,  sudah sebanyak 11 kecamatan di Kabupaten Berau yang memasuki zona hijau Covid-19. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Berau, berharap, pengadaan vaksinasi terus ditingkatkan.

“Kami terus berkoordinasi dan melobi Pemerintah Pusat agar dosis vaksin terus disuplai ke Kabupaten Berau, supaya sasaran yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI ini dapat tercapai, dan status Kabupaten Berau dapat turun lagi PPKM-nya jadi Level 1,” pungkasnya.(Chr).

Read Previous

Satpolairud Polres Berau Bersama PMI Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Read Next

Pembangunan Stadion Mini Olympic Di Teluk Bayur Terkendala Anggaran, Wabup Berau : Porprov Bisa Diundur Ke 2023.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular