Pembangunan Stadion Mini Olympic Di Teluk Bayur Terkendala Anggaran, Wabup Berau : Porprov Bisa Diundur Ke 2023.

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Pembangunan Stadion Mini di Kecamatan Teluk Bayur sebagai rangkaian persiapan Porprov Kaltim 2022, mengalami permasalahan dalam hal anggaran. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dalam hal ini telah menyiapkan tiga skema dalam mengantisipasi kendala tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Berau, H. Gamalis, saat meninjau langsung pembangunan Stadion Mini Olympic pada Selasa (16/11/2021).

“Antisipasi ini sudah kami persiapkan apabila realisasi anggaran tidak sesuai dengan apa yang telah kami rencanakan. Pertama, adalah mengurangi jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan. Kedua, penyelenggaran tidak dilakukan di Kabupaten Berau saja, tetapi akan dilakukan juga di Kabupatenb/ Kota lainnya. Ketiga, ini adalah kemungkinan yang terburuk dan jangan sampai terjadi, yaitu pengunduran Porprov ke tahun 2023,” terangnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Porprov Kaltim 2022 di Kabupaten Berau ini rencananya akan digelar pada Bulan November 2022 mendatang. Pemkab Berau bersama KONI Berau mengupayakan persiapan setiap bidang, termasuk infrastruktur untuk mensukseskan pesta olahraga provinsi itu.

Adapun selain pembangunan Stadion Mini Olympic di Kecamatan Teluk Bayur, beberapa vanue olahraga lainnya juga masih belum rampung. Hal itulah yang membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau makin berharap adanya bantuan dari Pemerintah Provinsi.

“Kami berharap nanti pada saat pertemuan bersama Provinsi segera ada solusi terbaik dari permasalahan ini. Setelah itu, kami akan diskusikan lebih lanjut langkah berikutnya berdasarkan arahan dari Pemerintah Provinsi juga,” imbuhnya.

Wabup juga menambahkan, selain dari pengajuan anggaran kepada Pemerintah Provinsi, pengadaan pihak ketiga juga perlu dilakukan. Salah satunya adalah melalui dana Corporate Social Responsibilty (CSR) bagi perusahaan yang ada di Berau.

“Berhubung Kabupaten Berau ini sebagai Tuan Rumah dari Proprov Kaltim 2022, sehingga kontribusi dari perusahaan juga akan kami jalankan. Karena begitu pun juga di daerah lain yang juga menggaet perusahaan sebagai sponsorship,” tambahnya.

Baca juga:  Operasi Zebra 2022 Bakal Digelar Oktober, Ada 7 Sasaran Prioritas

Lebih lanjut, Wabup Berau, H. Gamalis, menilai, pembangunan Stadion Mini Olympic di Teluk Bayur, saat ini progresnya sudah mencapai 90 %. Dituturkannya, bahwa tahap pembangunan stadion tinggal menginstalasi listrik bangunan dan pembuatan lahan parkir. Wabup Berau juga menargetkan, pembangunan stadion tersebut secepatnya akan diselesaikan dengan menggunakan APBD Kabupaten.

“Saat ini, kami masih menggunakan dana dari APBD. Karena dana APBD pun juga tidak seberapa, banyak yang kami prioritaskan juga, terutama untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini. Sehingga, kami butuh dana bantuan dari Pemprov, dikarenakan Porprov ini juga merupakan acara dari provinsi,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekjen KONI Berau, Iwan Rifani Wijaya, mengatakan, bahwa pihaknya akan menghadap Pemerintah Provinsi guna mempertanyakan realisasi pengajuan anggaran yang sebelumnya sudah diajukan pada tahun 2020 lalu.

“Rencana, besok kami akan langsung ke Samarinda untuk menghadap ke Pemerintah Provinsi. Dikarenakan tanggal 27 November 2021 nanti akan diadakan Rakor dari Provinsi, sehingga perlu kami tanyakan lebih awal mengenai kejelasan anggaran ini kepada pihak Provinsi,” ucapnya

Diketahui, Pemkab Berau melalui Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Berau telah mengajukan dana sebesar Rp. 222 Milyar kepada Pemerintah Provinsi. Dikatakan oleh Sekjen KONI Berau, bahwa pengajuan dana tersebut dipergunakan untuk membangun dan merehabilitasi setiap venue olahraga di Kabupaten Berau.

“Kami sudah mengajukan dana yang kami butuhkan untuk mensukseskan acara di Provinsi Kalimantan Timur ini. Dana tersebut salah satunya untuk membanntu pembangunan Gedung Bahampas juga. Kemudian, untuk penyediaan fasilitas dan perlengkapan setiap cabang olahraga (cabor), serta untuk teknis pelaksanaan pada saat kegiatan Porprov berlangsung,” tandasnya. (Chr).

Read Previous

Jumlah Penduduk Yang Sudah Divaksin Dosis I Di Kabupaten Berau Sebanyak 124.480 Jiwa

Read Next

Vaksinasi Covid-19 Sasar Warga Binaan Permasyarakatan Dan Petugas Sipir Di Rutan Kelas II B Tanjung Redeb

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *