• Minggu, 14 April 2024

Rayakan Hari Ikan Nasional Ke-8 Tahun, Dinas Perikanan Berau Gelar Bazaar Ikan Hias

BERAU, Lensaku – Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional Ke-8 Tahun yang jatuh pada 21 November 2021, Dinas Perikanan Kabupaten Berau mengadakan kegiatan Bazaar Ikan Hias yang digelar di Halaman Kantor Dinas Perikanan, Jalan Mangga II, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kegiatan bazaar ini diadakan selama 3 hari berturut-turut mulai dari 19 November 2021 hingga 21 November 2021. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Tentram Rahayu.

“Dengan mengangkat Tema ‘Ikan Untuk Generasi Tangguh dan Unggul’, kami persembahkan kegiatan ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat agar gemar memakan ikan untuk kesehatan, kecerdasan, dan pencegahan stunting,” tuturnya.

Selain kegiatan bazaar, dalam rangkaian kegiatan ini juga diadakan lomba, diantaranya, Lomba Penyuluhan Gemar ikan untuk Guru PAUD dan Lomba Design Baliho untuk pelajar SMA. Sebagai puncak dari kegiatan, Dinas Perikanan akan memberikan Ikan Segar atau Beku ke komunitas adat terpencil di Kampung Maluang dan Kampung Birang pada 23 November 2021 mendatang.

Dikatakan Kadis Perikanan, kegiatan ini sekaligus untuk mendorong pemanfaatan produk perikanan sebagai komoditas ketahanan pangan serta meningkatkan angka konsumsi ikan.

“Saat ini konsumsi ikan di Kabupaten Berau tahun ini mencapai 61,75 kg / kapita. Semoga dengan kegiatan ini kesadaran untuk mengkonsumsi bahan olahan pangan ikan dapat meningkat,” ucapnya.

Adapun kegiatan bazaar ikan hias ini diikuti oleh 16 pelaku UMKM dari 4 kecamatan, yaitu, Tanjung Redeb, Teluk Bayur, Gunung Tabur, dan Sambaliung. Kepala Bidang Pemberdayaan Manusia Dinas Perikanan, Dewi Rosita, menerangkan, saat ini jumlah pelaku UMKM di bidang ikan hias sebanyak 27 pelaku.

“Jadi dari bazaar ini, sekaligus kami juga promosikan produk-produk ikan hias di Berau, sehingga masyarakat juga tertarik untuk membeli. Di Berau sendiri banyak ikan-ikan hias yang dijual, seperti cupang, louhan, koi, dan mas koki” pungkasnya.

Read Previous

Gubernur Kaltim : Usulan Anggaran Porprov 2022 Masih Dibahas.

Read Next

Marak Destructive Fishing, Kabupaten Berau Segera Punya Pos Pengawasan Sumber Daya Kelautan Di Tanjung Batu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular