Pemkab Berau Siapkan 1000 Titik WiFi Gratis Tahun 2022

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau tengah menyiapkan pemasangan 1000 titik WiFi gratis di wilayah Kabupaten Berau. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih. MAS. saat meresmikan WiFi gratis di Taman Sanggam, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. (01/11/2021).

“Pemasangan 1000 titik wifi dari Pemkab Berau, sedang kami upayakan dan itu sudah dianggarkan dari anggaran murni. Anggaran tersebut sudah kami ketok dan kami sudah upayakan di beberapa titik. Mudah-mudahan bisa direalisasikan dalam waktu dekat. Target kami adalah tahun 2022,” tutur Bupati.

Dikatakan Bupati, pemasangan jaringan internet nirkabel di setiap wilayah Kabupaten Berau ini akan dikhususkan untuk penggunaan bisnis, edukasi, dan komunikasi. Bupati Berau juga meminta kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Berau untuk menutup konten-konten negatif yang merusak generasi daerah.

“Dengan adanya wifi gratis ini dapat dimanfaatkan mulai dari promosi untuk para UMKM, untuk pelajar bisa digunakan untuk belajar, serta untuk koordinasi dan komunikasi para ASN perangkat kecamatan, perangkat kampung, maupun masyarakat. Dalam hal pariwisata, melalui pemasangan 1000 titik WiFi ini, maka potensi pariwisata dapat dipromosikan. Saya berharap adanya WiFi gratis ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Untuk proses realisasi 1000 titik WiFi gratis di wilayah Kabupaten Berau ini, Bupati Berau mengaku akan menggandeng pihak ketiga untuk membantu proses instalasi dan kebutuhan teknis di lapangan.

Dijelaskan Bupati, pihak ketiga sebagaimana yang dimaksud ini ialah perusahaan. Pemkab Berau dalam hal ini memakai CSR dari perusahaan untuk mendukung realisasi pembangunan titik jaringan internet nirkabel ini.

Seperti pada pemasangan 4 titik WiFi gratis di Gedung Perpustakaan dan Taman Sanggam kemarin. Pemkab Berau menggandeng ICON+ (anak perusahaan PLN) untuk menginstalasi antena sektoral dan menyiapkan keperluan teknis yang dibutuhkan dalam penerapan jaringan internet nirkabel tersebut.

Baca juga:  Pemkab Berau Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022

“Tentunya, kami mengharapkan pihak ketiga ini dapat memberikan support maksimal untuk membantu kami,” harap Bupati Berau.

Sementara itu, mengenai medan dan titik pemasangan WiFi di Kabupaten Berau, Manajer ICON+ Kantor Perwakilan Samarinda, Krisna Aditama, mengatakan bahwa upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau ini bukanlah sekedar mimpi di siang bolong. Dirinya menerangkan, bahwa konsep untuk membangun 1000 titik WiFi gratis di Kabupaten Berau ini dapat direalisasikan dengan memperhatikan medan dan letak geografis wilayah.

“Untuk di wilayah Berau sendiri medannya bisa dilakukan instalasi jaringan WiFi, selama di wilayah itu dipasang tiang listrik. Karena kita mempunyai hak istimewa untuk memakai tiang listrik di PLN. Jadi, selama masih ada tiang listrik di titik yang akan dijadikan lokasi pemasangan WiFi, maka kami masih bisa memasang kabel Fiber Optik (FO) di tiang tersebut,” jelasnya.

Krisna Aditama juga menjelaskan, bahwa wilayah yang akan menjadi blank spot (area kosong lokasi pemasangan wifi), akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Pemkab Berau dan stake holder yang terkait.

“Dibutuhkan tarikan Fiber Optik (FO) yang panjang untuk menuju ke daerah blank spot tersebut. Dan itu dibutuhkan waktu yang cukup lama, jadi kita koordinasi terus dengan Pemkab Berau lebih lanjut. Sama halnya untuk daerah terpencil, pemasangan Fiber Optik (FO) itu bergantung anggarannya. Makanya, kita tawarkan Pemkab Berau untuk dibangun infrastruktur lokal, sehingga jaringan yang berada di luar acces, seperti di blank spot itu dapat dihubungkan ke sana. Nanti kita pakai konsep Value-Added Service yang juga bisa diarahkan ke sana,” pungkasnya.(Chr).

Read Previous

KONI Berau Upayakan Anggaran Ke Pemda  Untuk Kebutuhan Atlet Di Porprov 2022 

Read Next

Wabup Tana Tidung : Wujudkan Toleransi Umat Beragama Dalam Merayakan Natal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *