• Senin, 22 April 2024

Wujudkan Aksi Perubahan Peningkatan Layanan Kesehatan, RSUD dr.Abdul Rivai Terapkan SIPOMED

BERAU, Lensaku – Guna memberikan peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Berau, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai Kabupaten Berau luncurkan pelayanan kesehatan melalui Sistem Pendaftaran Online dan Telemedicine (SIPOMED).

Peluncuran SIPOMED digelar di Ruang Rapat RSUD dr. Abdul Rivai, Jalan Pulau Panjang, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau pada Sabtu (04/12/2021).

Dalam peluncuran ini dihadiri oleh Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih, MAS. yang sekaligus meresmikan langsung peluncuran program tersebut dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan, Iswahyudi, dan Direktur RSUD dr. Abdul Rivai, dr. Nurmin Baso, Sp. Rad.

“Kami sebagai Pemerintah Daerah memberikan apresiasi kepada pihak RSUD melalui trobosan pelayanan yang dinamakan SIPOMED, artinya ini dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa mendaftar secara online untuk pengobatan klinik sesuai dengan keinginannya,” ujar Bupati Berau.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau turut mendukung Sistem Pendaftaran Online dan Telemedicine (SIPOMED) agar mulai diaplikasikan untuk masyarakat Kabupaten Berau.

“Dengan adanya SIPOMED, pelayanan dapat lebih dekat dan lebih cepat serta lebih memaksimalkan kepada masyarakat supaya orang yang datang ke sini itu dapat pulang kembali dan cepat sembuh,” tambahnya.

Di waktu yang sama, Direktur RSUD, dr. Nurmin Baso, Sp.Rad. menjelaskan aksi ini ditargetkan mampu untuk menjangkau masyarakat yang berada di wilayah kepulauan maupun pesisir dalam hal melakukan konsultasi kesehatan. Selain itu, Direktur RSUD ini menuturkan, wilayah Kabupaten Berau yang sangat luas ini memang diperlukan pelayanan kesehatan secara cepat dan akurat.

“Jadi, untuk Sistem Pendaftaran Online ini khusus untuk pasien yang rawat jalan, namun untuk Telemedicine ini terdiri dari beberapa konsep, ada Telekonsultasi dan Teleradiologi. Untuk saat ini yang kami gunakan adalah Telekinsultasi, dimana kami mengupayakan untuk dapat menyediakan layanan konsultasi masalah kesehatan kepada masyarakat walaupun lokasinya jauh. Selama ada jaringan internet, mereka bisa mendaftar 1 hari sebelumnya dan bebas untuk memilih dokternya,” jelasnya.

Tahap berikutnya yang akan dilakukan oleh pihak RSUD adalah melakukan sosialisasi lebih luas dengan melibatkan media. Direktur RSUD, juga menerangkan langkah sistematis untuk mendaftarkan diri melalui layanan SIPOMED juga harus diketahui terlebih dulu oleh masyarakat bagaimana syarat dan ketentuannya.

“Perlu digarisbawahi untuk yang bisa daftar ini memang diwajibkan untuk rekam medis. Sistemnya itu nanti lewat chat dan juga video call. Sosialisasi kepada masyarakat juga akan kami lakukan lewat akun media sosial RSUD dan juga lewat media cetak ataupun online,” pungkasnya. (Chr).

Read Previous

Prioritaskan UMKM, Kecamatan Gunung Tabur Terima Bantuan CSR

Read Next

Meski Diguyur Hujan, Pembukaan HUT Kelurahan Gunung Tabur Ke-18 Tetap Berjalan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular