• Senin, 17 Juni 2024

Ini Solusi Pemkab Berau Dalam Menanggulangi Kemiskinan

BERAU – Lensaku, Baplitbang Kabupaten Berau mengagendakan Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2021 di Balai Mufakat, pada Selasa. (7/12/2021).

Permasalahan kemiskinan ini telah menjadi masalah global yang disebabkan oleh multi dimensi dan menarik perhatian banyak kalangan mulai tingkat nasional hingga daerah.

Rakor ini diadakan dengan tujuan menyatukan berbagai stakeholders dalam rangka mensinkronkan berbagai upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Berau yang sesuai dengan peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Permendagri Nomor 42 Tahun 2010 Tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Asisten II, Agus Wahyudi menyampaikan bahwa penanggulangan kemiskinan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga bisa menjadi tanggung jawab bersama seluruh stakeholders untuk mengatasinya.

“Untuk penanggulangan ini seharusnya bukan tanggung jawab pemerintah saja namun seluruh stakeholders pun ikut bertanggung jawab untuk mengatasinya,” Pungkas Agus.

Pada pelaksaan rakor ini juga dilakukan Evaluasi terhadap capaian program kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini dan diharapkan dapat memberikan gambaran kondisi kemiskinan di Kabupaten Berau saat ini.

Di tengah kondisi perekonomian yang lemah saat ini, jangan dijadikan alasan untuk mengurangi semangat atau kinerja dalam melakukan berbagai upaya penanggulangan kemiskinan.

“Justru dengan keadaan ini kita dituntut untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk mengatasi permasalahan penanggulangan kemiskinan ini,” Lanjut Agus.

Yang harus dilakukan dalam menghadapi permasalahan keterbatasan anggaran saat ini yaitu menyusun program kerja kegiatan berdasarkan skala prioritas, melakukan langkah-langkah efisiensi terhadap semua aspek pendanaan dalam program penanggulangan kemiskinan, dan meningkatkan efektifitas program kegiatan penanggulangan kemiskinan dengan mengedepankan asas manfaat dan tepat sasaran.

Penanggulangan kemiskinan ini merupakan bentuk dukungan teknis yang dikembangkan dalam rangka mendukung kinerja TKPKD Kabupaten Berau agar lebih harmonis dan bersinergi dalam pelaksanaan program kegiatan penanggulangan kemiskinan di Berau.

Pada akhirnya semua program kegiatan penanggulangan kemiskinan ini diharapkan mampu menekan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Berau, sesuai dengan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Berau tahun 2021 – 2026.

“Dengan adanya ini, diharapkan bisa membantu masyarakat miskin untuk mampu dan berhasil keluar dari zona kemiskinan serta mampu menarik masyarakat miskin lainnya untuk dapat keluar dari zona yang sama melalui usaha yang dibangunnya,” Tutup Agus. (Dez)

Read Previous

Penyelenggaraan 6 Cabor Pada Porprov 2022 Dilaksanakan di Biduk – Biduk

Read Next

Toko Tani Indonesia Dibuka Januari 2022 Mendatang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular