Bupati Berau Resmikan Gedung Sekretariat Paguyuban Pasundan

Vinkmag ad

BEDAU, Lensaku – Dalam rangka menjalin persaudaraan antar suku, Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih, MAS. meresmikan gedung sekretariat milik Paguyuban Pasundan yang berlokasi di KM 8 Jalan Trans Bangun, Kampung Sei Babanir Bangun, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Kamis (16/12/2021).

Terlihat hadir Sekretaris Berau, M. Gazali; Kepala Dinas PUPR, Ir. Taupan Madjid; Asisten I Setda Berau, M. Hendratno; dan Wakil Ketua I DPRD Berau, Hj. Syarifatul Sadiah, yang juga sekaligus Ketua IKA PAKARTI Kabupaten Berau.

Dalam sambutannya, Bupati Berau menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Paguyuban Pasundan yang telah menetap di Berau sejak lama. Dirinya juga mengajak masyarakat Sunda untuk menjadi mitra Pemkab Berau dalam membangun Bumi Batiwakkal.

“Saya bersyukur sekali dapat bertemu Saudara-Saudara saya dalam Paguyuban Sunda. Walaupun berada di tanah rantau, solidaritas serta kekompakan paguyuban ini dapat terjaga. Terbukti dengan kerja sama dari masyarakat Pasundan bergotong-royong mewujudkan gedung sekretariat ini,” ungkap Bupati.

Harapan yang sangat mendalam dari Bupati Berau agar masyarakat Pasundan ini untuk menjadikan Bumi Batiwakkal ini sebagai rumah bagi mereka. Pasalnya, masyarakat Suku Sunda juga telah lama menetap dan beranak-pinak di Kabupaten Berau.

“Masyarakat Sunda sudah lama berada di Berau dan sudah menyatu dengan masyarakat Berau dan saya harapkan masyarakat Sunda, maupun paguyuban apapun untuk menjadikan Kabupaten Berau ini sebagai miliknya,” tambah Bupati.

Ditambahkan oleh Bupati Berau, Pemerintah Kabupaten Berau selalu mendukung dan memfasilitasi program-program Paguyuban yang terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau.

“Mari bersama-sama kita menjaga dan membangun Kabupaten Berau tercinta melalui program-program positif yang memihak kepada masyarakat banyak,” harap Bupati.

Begitu juga dengan Ketua IKA PAKARTI Kabupaten Berau, Hj. Syarifatul Sadiah. Dirinya mengapresiasi loyalitas para masyarakat Suku Sunda dalam mencintai Kabupaten Berau. Dirinya, juga turut mendukung ajakan Pemekab Berau untuk menjadikan paguyuban sebagai mitra kerja sama pemerintah dalam hal pembangunan daerah.

Baca juga:  Tingkatkan Kinerja Pelaksanaan Anggaran 2023, Polda Kaltara Gelar Bimtek

“Paguyuban senantiasa membantu program-program pemerintah, baik bersifat sosial, gagasan, dan pemikiran. Ini penting mengingat jika ada masalah-masalah di daerah kita, paguyuban harus ikut serta tampil bersinergi dengan pemerintah,” tutur Syarifatul.

Dalam peresmian ini, Bupati Berau mendapatkan apresiasi khusus dari Paguyuban Pasundan melalui pemberian cendera mata, berupa miniayur wayang golek. Dengan ditandatanganinya prasasti, gedung sekretariat Paguyuban Pasundan resmi dibuka.

“Semoga gedung sekretariat ini menjadi tempat lahirnya solidaritas dan ide-ide cemerlang dari Paguyuban Pasundan untuk Kabupaten Berau maupun Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutup Bupati Berau.(Chr).

Read Previous

Luapan Sungai Segah Rendam 6 Kampung Permukiman

Read Next

Bupati Berau Gaungkan Masyarakat Yang Anti Konflik Antar Suku

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *