Percepatan Layanan Kematian Resmi Launching

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – PLAKAT atau Percepatan Layanan Akta Kematian Terpadu telah launching pada Jumat, (17/12/2021) yang diresmikan oleh Bupati Berau di kantor Disdukcapil.

Program ini dielaborasikan dalam perwujudan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berkualitas melalui SDM yang professional berbasis digital teknologi.

PLAKAT sendiri ialah suatu aksi perubahan yang digagas Disdukcapil sebagai langkah strategis dalam rangka peningkatan cakupan akta kematian yang telah terjadi dan belum dilaporkan untuk pencatatan akta kematian.

Akta kematian adalah salah satu elemen penting bagi dinamika perkembangan penduduk. Namun kesadaran masyarakat akan pentingnya laporan masih cukup rendah. Hal itu diakui oleh Bupati Berau.

“Sayangnya saat ini, kesadaran masyarakat Berau akan pentingnya pelaporan peristiwa kematian masih cukup rendah,” Ujar Sri Juniarsih.

Melalui dengan adanya PLAKAT ini, penerbitan dokumen kematian di setting terpadu dengan penertiban dokumen kependudukan lainnya, seperti KK dan E-KTP bagi keluarga yang ditinggalkan.

Di samping itu, program ini merupakan wujud implementasi dari Surat Edaran Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tentang Cakupan Kematian.

“Ini merupakan suatu inisiasi positif yang perlu didukung dan disosialiasikan lebih jauh kepada masyarakat Berau,” Tutup Bupati. (Dez)

Baca juga:  Kampung Sumber Agung Raih Juara 1 Lomba Desa Tingkat Nasional Regional III Tahun 2022

Read Previous

Pejabat Struktural Eselon III dan IV Kabupaten Berau Resmi Dilantik

Read Next

Antisipasi Varian Baru, Polres Berau Percepat Vaksinasi Hingga Lakukan Layanan Jemput Bola

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *