MUBES SPJ : Jaga Kehormatan Orang Jawa, Ajak Pemuda Jawa Tolak NPWP

Vinkmag ad

TANJUNG SELOR, LENSAKU – Para pemuda jawa di Kalimantan Utara telah membentuk wadah organisasi yang dinamai Serikat Pemuda Jawa (SPJ) Kalimantan Utara. Melalui Musyawarah Besar (MUBES) Ke 1 Serikat Pemuda Jawa (SPJ) yang dilaksnakan pada Minggu lalu, (9/1/22) di Balroom Hotel Pangeran Khar Tanjung Selor. Mubes pertama ini mengusung tema “Pemuda Jawa : Berkumpul, Bergerak dan Bersinergi Untuk Kemajuan Kalimantan Utara”.

Hadir dalam mubes ini Wakil Gubernur Kaltara Drs. Yansen TP, Bupati Bulungan Syarwani, bersama wakil Bupati Ingkong Ala, Wakil Wali kota Tarakan Effendhi Djuprianto, Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Suratno, S.I.P, serta seseph jawa Se Kaltara, tokoh adat , organisasi kepemudaan dan tokoh masyarkat jawa se Kaltara.

Wakil Gubernur Kaltara, Yansen TP, Saat Memberikan Sambutan Di Acara Mubes Ke I Serikat Pemuda Jawa (SPJ) Kalimantan Utara.

Dalam sambutan ketua panitia menyampaiakan bahwa kemandirian organisasi adalah semangat kami, dalam pelaksnaan Mubes SPJ ini, pendanaan yang diperoleh dari penjualan kaos SPJ di seluruh kabupaten kota di kaltara. Selain di tingkat pusat di provinsi, SPJ ini juga nanti nya akan dibentiap di tiap kabupaten/kota yang ada di Kaltara.

Organisasi SPJ Kaltara yang terdiri dari gunungan atau dalam istilah pewayangan sebagai kayon melambangkan arti sebuah kehidupan manusia. Semakin tinggi ilmu dan semakin bertambah usia, manusia harus semakin mengkerucut (golong gilig) manunggaling jiwa, rasa, cipta, karsa, dan karya dalam kehidupan kita (semakin dekat dengan sang pencipta). Semar dalam dunia pewayangan jawa identik dengan sifat rendah hati, tokoh pendamai, ahli strategi dan mampu menjaga kondusifitas dan ketentraman di masyarakat.

Perwakilan Tokoh Pemuda Jawa Kalimantan Utara, Chairullizza, SHI., MH. dalam sambutannya menyampaikan, Serikat Pemuda Jawa menjadi bentuk manifestasi kegelisahan para pemuda Jawa untuk bisa berkontribusi terhadap kemajuan dan pembangunan di Kaltara. Hal ini sesuai dengan filosofi “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Ada tanggung jawab moril untuk memberikan yang terbaik dimanapun pemuda jawa berada.

Baca juga:  Pemancing Yang Tenggelam Akhirnya Ditemukan

“SPJ Kaltara dengan memaksimalkan kemampuan dan potensi yang dimiliki para pemuda jawa diharapkan mampu membawa arah perilaku kehidupan untuk pembangunan dan kemajuan kalimantan Utara, menjaga keharmonisan, kedamaian, persahabatan, kerukunan, gotong royong, mengedepankan saling menghargai perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat di Kaltara yang kita cintai ini.” ujarnya

Pemuda jawa juga diharapkan mampu menjaga marwah dan kehormatan orang jawa, berharap pemuda jawa menjadi pelopor untuk menolak labelisasi terkait NPWP (Nomor Piro Wani Piro) dan menolak politik transaksional.

“Saya juga berharap para pemuda jawa, mampu menjaga kehormatan dan marwah orang jawa, mari para pemuda jawa menjadi pelopor untuk menolak labelisasi terkait NPWP (Nomor Piro Wani Piro) dan menolak politik transaksional. Meskipun istilah NPWP ini umum digunakan, tapi jelas ini adalah bahasa jawa. Kalau bukan kita yang menjaga kehormatan orang jawa siapa lagi? kalau bukan sekarang kapan lagi? Dan saya yakin para hadirin yang hadir juga sepakat dengan hal ini”. tambahnya.

Kegiatan Mubes SPJ ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Dr. Yansen TP, MSi. Dalam sambutannya Wagub berharap Serikat Pemuda Jawa bisa menghadirkan kapasitas untuk mewarnai pembangunan di Kaltara. Adanya kegelisahan yang didasari keinginan untuk berkontribusi, dinilai adalah hal yang tepat. Ini menjadi faktor penting atas tercapainya kemajuan daerah.

“Kegelisahan dari para pemuda Jawa memang menjadi catatan penting. Para pemuda jawa memang dibutuhkan untuk berkontribusi dalam pembangunan. Ini harus bisa dicerna dan dipahami bersama,” jelasnya.

Yansen juga meyakini jika para pemuda dapat menghadirkan kekuatan tersendiri. Semangat para pemuda dinilai memang sangat penting dan dibutuhkan. Termasuk di dalamnya adalah para pemuda JAwa.

“Mudah-mudahan para pemuda jawa bisa senantiasa produktif. Saya yakin dan percaya jika semangat pemuda jawa menjadi bagian terbaik di Kalimantan Utara. Dan nantinya dapat mewarnai pembangunan dan kemajuan Kalimantan Utara,” pungkasnya. (818).

Baca juga:  Pesimis Gedung Indoor Dapat Terealisasi

 

Read Previous

Kampung Labanan Makmur Gelar Malam Refleksi Akhir Tahun Dengan Ngaji Kebangsaan dan doa Lintas Agama

Read Next

Destinasi Wisata Bahari Masuk KSPN, Disbudpar Kalimantan Timur Upayakan Ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *