Musrenbang Kecamatan Pulau Derawan, Bupati : Infrastruktur Dan Sumber Daya Manusia Harus Seimbang

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Bupati Berau, Sri Juniarsih, membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Pulau Derawan. Musrenbang yang ke 7 tersebut dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Tanjung Batu pada Senin (7/3/2022).

Musrenbang dengan tema peningkatan kualitas sumber daya manusia yang menguasai iptek dan imtaq untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis kearifan lokal dan meningkatkan sarana prasarana publik yang berkualitas tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Camat Pulau Derawan Samsuddin, Ketua DPRD Kabupaten Berau Madri Pani, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, Wakil Bupati Berau Gamalis, Sekda M. Ghazali, Ketua bapelitbang Nanang Bakran serta Kepala Kampung dan Jajaran OPD.

Samsuddin selaku Camat Pulau Derawan dalam laporannya menyampaikan musrenbang ini adalah kegiatan tahunan dalam upaya menyusun pembangunan dan membahas permasalahan yang terjadi didalam Kecamatan dan bertujuan untuk mencapai tujuan atau kesepakatan yang sama.

“Sebelum musyawarah ini dilaksanakan, kami telah melaksanakan musyawarah tingkat kampung yang dilaksanakan pada awal bulan februari kemarin,” Sampainya.

Dikatakan juga oleh Samsuddin bahwa Masyarakat dengan Pemerintah Kampung telah menyepakati beberapa usulan pembangunan yang di prioritaskan dan menyepakati bahwa kegiatan Musrenbang ini harus dikawal bersama – sama agar usulan prioritas bisa di realisasikan.

“Itu yang kami harapkan, usulan prioritas berarti pembangunan atau fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh Masyarakat di Kecamatan Pulau Derawan ini,” Ucapnya.

Sementara itu, Sri Juniarsih sebagai Bupati Berau dalam sambutannya menuturkan Pulau Derawan merupakan bagian destinasi pariwisata unggulan yang ada di Kabupaten Berau. Bahkan, masuk sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional.

“Tempat yang merupakan tempat pariwisata untuk bebas dari sampah, saya minta untuk memperhatikan kebersihan ditempatnya masing – masing,” Ujarnya.

Baca juga:  Wabup Berau Tinjau Kondisi Pelabuhan Ketinting Rajaanta, Perbaikan Bakal Dianggarkan Awal Tahun 2023

Lalu, Bupati menghimbau agar jangan terus berharap kepada sektor pertambangan, karena sektor Pariwisata tidak akan ada habisnya. Bupati juga mengatakan disektor pariwisata ini adalah sektor yang menciptakan terjadinya peningkatan ekonomi untuk masyarakat.

“Hal ini tercermin dalam program peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha berbasis pariwisata lokal,” Tuturnya.

Untuk wilayah kepulauan, Bupati mengakui telah memprioritaskan 2 programnya, sehingga pada hari ini telah menerima sertifikat atau piagam sebagai desa wisata.

Bupati berharap kedepannya agar Kampung – Kampung atau wilayah yang ada di Kecamatan Pulau Derawan untuk sadar akan kebersihan dan masyarakatnya mampu menjaga aset pariwisata yang dimiliki didaerahnya.

“Saya harap kampung-kampung yang ada di Kecamatan Pulau Derawan ini untuk selalu menjaga kebersihan di sekitarnya, mengingat sudah ditetapkan menjadi desa wisata,” Harapnya.

Lebih lanjut, Bupati berpesan Musrenbang kali ini agar dapat menjadi penyeimbang terhadap usulan prioritas pembangunan. Dijelaskannya setiap Kampung akan mendapatkan realisasi yang bukan hanya infrastruktur fisik saja, tetapi juga dengan Sumber Daya Manusia.

“Infrastruktur dan sumber daya manusia harus seimbang, sehingga penting sekali di Kecamatan Pulau Derawan ini untuk memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Berau,” Pungkasnya. (Dez)

Read Previous

HIPMI Berau Gelar Dialog Publik Bahas Peluang Ekonomi Kreatif Di Utara IKN

Read Next

Dalam Musrenbang Kecamatan Pulau Derawan, Kakam Kasai Usulkan Bis Untuk Sekolah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *