• Senin, 17 Juni 2024

BLT Migor Yang Ditujukan Kepada 4.758 KPM Sudah Cair, Tinggal Dibagikan

BERAU, LENSAKU – Dinas Sosial Kabupaten Berau mulai membagikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng dari pemerintah pusat. Berdasarkan data yang dicatat, sebanyak 4.578 keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerima bantuan tersebut.

Diumumkan oleh Presiden Negara Republik Indonesia, Joko Widodo akan memberikan BLT minyak goreng sebesar 300.000 untuk tiga bulan. Bantuan tersebut diadakan dengan tujuan meringankan beban masyarakat di tengah meroketnya harga minyak goreng di pasaran.

Menurut informasi, pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran untuk bantuan sosial yang diambil dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Lalu, anggaran yang akan dikeluarkan sebesar Rp 6,95 triliun.

Marwati selaku Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Berau menuturkan, pembagian BLT tersebut sudah dilakukan sejak hari Minggu (10/4) kemarin. Sebanyak 4.758 KPM akan diberikan bantuan itu.

“Untuk BLT minyak goreng ini diberikan Rp. 300 ribu per KK atau kepala keluarga. Ada 13 kecamatan yang akan disebar dengan total 4.758 KPM. Data ini kami peroleh dari Kemensos, dimana daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kemarin mereka juga akan menerima BLT migor ini,” jelasnya, Selasa (12/4).

Diterangkan Marwati, dalam sebulan satu orang membutuhkan sekitar 1 Liter minyak goreng. Jika satu keluarga beranggotakan 4 orang, maka jumlah kebutuhannya mencapai 4 liter perbulannya. Jika dihitung, biaya yang dibutuhkan untuk membeli migor tersebut sekitar Rp. 300 ribu rupiah.

Sementara itu dirinya menyampaikan, pembagian bantuan sosial tersebut akan dibagai secara bertahap hingga 21 April 2022 mendatang. Pembagian BLT migor itu juga akan dibagikan bersamaan dengan progeam BPNT sembako senilai Rp. 200 ribu per 3 bulan yang cair pada bulan ini.

“Total yang akan diterima KPM itu senilai Rp. 900 ribu. Itu terdiri dari BLT migor dan total 3 bulan BPNT,” ungkapnya.

Untuk penyaluran, Marwati menerangkan setiap kampung memiliki masing-masing kantor pos dan masyarakat dapat mencairkan bantuan itu dalam bentuk uang tunai. Perlu diketahui, masyarakat juga dapat mengeceknya melalui laman kemensos yakni Cekbansos.kemensos.go.id

“Jadi bantuan ini dalam bentuk uanh tunai ya, bukan bentuk minyak goreng. Pihak PT. Pos Indonesia nanti yang akan menyalurkannya kepada nama yang telah terdaftar,” tandasnya. (Dez)

Read Previous

Selama Bulan Suci Ramadhan, Polsek Sekatak Gelar Tadarus dan Belajar Qur’an Bersama.

Read Next

Pasar Murah Ramadhan, Disperindagkop KTT Siapkan 400 Paket Sembako

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular