Pemkab Berau Telah Menerima Keluhan Masyarakat Tentang Penolakan Penutupan Jembatan Sambaliung

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Diakui Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setkab Berau, Agus Wahyudi, bahwa pihaknya telah menerima keluhan masyarakat mengenai penolakan penutupan total jembatan Sambaliung. Ia menegaskan, tidak mungkin tidak menutup arus lalu lintas saat proses perbaikan jembatan.

Dikatakan Agus Wahyudi, saat ini kondisi jembatan penghubung dari Kota Tanjung Redeb ke wilayah pesisir selaran Kabupaten Berau itu sangat mengkhawatirkan, dan secara teknis harus segera dilakukan rehabilitasi.

“Selama perbaikan jembatan itu berjalan, nanti akan ada opsi lainnya, yakni dengan menyebrang sungai menggunakan kapal atau lainnya,“ terangnya, Selasa (24/5/2022).

Dalam merealisasikan opsi tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersedia menyediakan jeti atau dermaga tempat kapal bersandar. Tetapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau harus menyediakan kapal yang akan digunakan, dengan mengandalkan pihak ketiga.

“Untuk pengalihan jalur, rencananya penyeberangan berlokasi di daerah Limunjam dan Singkuang,“ ungkapnya.

Terkait adanya keluhan masyarakat bila penyeberangan dikenakan tarif, Asisten II Setkab Berau itu mengaku tidak dapat menjawab hal itu, lantaran belum ada putusan resmi.

“Yang pasti opsi kita tidak akan memberatkan masyarakat, sebisa mungkin kita usahakan tidak dipungut biaya,“ tegas mantan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Berau itu.

Berdasarkan instruksi dari pihak Provinsi, selama perbaikan jembatan Sambaliung jalur diatasnya harus ditutup total. Karena akan merubah bagian tiang penyangga jembatan, sehingga kendaraan tidak mungkin untuk melintas di Jembatan itu selama perbaikan berlangsung. Selebihnya, pergantian lantai beton dan pemasangan baja akan dilakukan.

“Tentu kita tidak akan ambil risiko, karena niat kira ingin memperbaiki, bukan malah memperparah kerusakan, makanya harus ditutup total,“ tutup Agus Wahyudi. (Dez)

Read Previous

Rencana Maskapai Citilink Beroperasi di Berau, Kadin Nilai Sangat Membantu

Read Next

Disdukcapil Berau Tengah Menyusun Aturan Turunan Terkait Permendagri Nomor 73 Tahun 2022

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *