Ibadah Iduladha 1443 H di Kabupaten Berau Berjalan Aman Dan Sesuai Protkes

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Dalam upaya memberikan rasa aman kepada umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah Hari Raya Iduladha 1443 H, tim aparat gabungan melaksanakan operasi pengamanan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Berau. Pihaknya memastikan ibadah hari raya kurban itu sesuai dengan protokol kesehatan (Protkes) dan imbauan Bupati Berau.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Berau, Nofian Hidayat mengatakan, aparat gabungan terdiri dari Polres Berau, Kodim 0902/BRU, Satpol PP, Tim Satgas Covid-19, Dinas Perhubungan, dan Palang Merah Indonesia (PMI) diturunkan untuk melakukan operasi pengamanan dan penanganan Covid-19.

Operasi digelar selama dua hari berturut-turut yakni 9 – 10 Juli 2022. Pada hari pertama, pihaknya melakukan operasi pengamanan dan pembagian masker terhadap pelaku kafe dan tempat hiburan malam (THM). Sebanyak 22 kafe dan THM dirazia tim aparat gabungan itu.

Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri Agama Nomor 10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Sholat Iduladha dan Pelaksanaan Kurban. Selain itu, Nofian menjelaskan, bahwa operasi itu didasari oleh status PPKM Level 1 di Bumi Batiwakkal.

“Sudah ada imbauan dari Bupati Berau agar pemilik dan pengelola Tempat Hiburan Malam (THM) untuk menutup sementara usahanya itu. Sedangkan, kafe tetap dibuka dengan syarat tidak ada live music mengingat adanya hari keagamaan,” tuturnya, Sabtu (9/7).

Selanjutnya, pelaku usaha kafe dan THM juga diimbau agar mengingatkan karyawannya untuk menggunakan masker, menyiapkan sarana protkes, hingga imbauan untuk mengikuti vaksin Booster.

“Dalam operasi itu, kami juga memberikan imbauan kepada mereka agar menghargai kegiatan keagamaan sesuai arahan Bupati Berau,” ujarnya.

Novian menegaskan, pihaknya tidak memberlakukan pemberian Surat Tanda Bukti Pelanggaran Protkes saat operasi berjalan. Melainkan hanya memberikan imbauan dan peringatan. Adapun mengenai penutupan THM dan pembatasan jam kafe hanya dilaksanakan selama pemlaksanaan Iduladha ini saja, atau selama dua hari.

Baca juga:  Delapan Kontingen Berebut Emas di Final Pencak Silat Porprov VII Kaltim

Sementara, pada hari kedua, Minggu (10/7), tim gabungan itu kembali turun sebelum waktu sholat Ied dimulai dengan lokasi pada tiga titik, yakni Masjid Agung Baitul Hikmah, Masjid Rayatul Ikhlas, dan Masjid Asy-Syahadah. Pihaknya melakukan pengamanan lalu lintas dan pembagian masker kepada para jemaah agar ibadah Iduladha 1443 H berlangsung tertib dan sesuai protkes.

“Sejak subuh jamaah mulai berdatangam, kami pun turun lebih awal sejak pukul 06.00 WITA. Alhamdulillah, para jamaah di Kabupaten Berau bersedia diatur dan ditertibkan. Sehingga, ibadah Iduladha berlangsung dengan aman,” pungkasnya. (*/CTN)

Read Previous

Makna Hari Raya Iduladha 1443 H Bagi bupati Berau

Read Next

Bakal Selalu Berkoalisi Dengan Masyarakat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *