Pemkab Berau Dukung Rehab Total Gedung Makodim 0902 / BRU

BERAU, LENSAKU – Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0902 / BRU tengah direhab total. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau pun mendukung dan ikut andil dalam pembangunan markas di Jalan Pulau Semama, Kecamatan Tanjung Redeb itu.

Tahap pembangunan telah memasuki peletakan batu pertama. Momentum seremonial itu pun dihadiri dan diresmikan oleh Komandan Korem 091 / ASN serta Bupati Berau pada Kamis (28/7).

Bupati Berau, Sri Juniarsih mengatakan, keberadaan Makodim sangat diperlukan untuk melaksanakan perkumpulan-perkumpulan formal maupun non formal bagi segenap perangkat Kodim 0902 / BRU. Pasalnya, Sri Juniarsih menilai, bahwa Kodim 0902 / BRU telah mampu membuktikan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) bukanlah musuh masyarakat.

“Mereka adalah pengayom dan mitra bagi masyarakat. Selain itu, mereka juga senantiasa bersinergitas dalam berbagai agenda pembangunan, terutama dalam aspek keamanan wilayah. Kami pun melihat seluruh jajaran TNI di Bumi Batiwakkal, termasuk Kodim 0902 / BRU ini sudah cukup memberikan sikap yang humanis dan dekat dengan masyarakat,” tuturnya.

Baca juga:  Polda Kaltara Jalin Silaturahmi dan Sinergitas Bersama FKUB Kaltara

Pada kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan bahwa Pemkab Berau memiliki visi, yakni mewujudkan Kabupaten Berau yang maju dan sejahtera dengan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk transformasi ekonomi dalam peningkatan sumber daya alam (SDA) secara berkelanjutan. Ia pun meminta Dandim 0902 / BRU untuk dapat mendukung visi tersebut yang tentunya disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi Kodim 0902 / BRU.

“Besar harapan saya, jalinan kerja sama antara Kodim dan Pemkab Berau ke depan senantiasa berjalan selaras. Sebab, tidak dapat kita pungkiri bahwa kondusifitas adalah syarat mutlak bagi suatu daerah untuk bergerak maju,” ucapnya.

Baca juga:  Bulungan Satu-satunya Peraih Predikat Kabupaten Sehat 2023 di Kaltara

Dirinya juga menambahkan, bahwa keberhasilan pembangunan gedung Makodim itu tentu menjadi dambaan bagi Pemkab Berau hingga masyarakat. Untuk itu, dirinya berharap, gedung yang bakal menjadi kantor bagi jajaran Kodim 0902 / BRU kelak dapat dimanfaatkan secara optimal serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Mari kita kawal bersama pembangunan gedung ini sebagaimana direhab total dari gedung yang lama agar dapat sesuai harapan kami semua,” katanya.

Selanjutnya, ia juga meminta, apabila pembangunan gedung tersebut telah rampung dan resmi berdiri hingga mulai beroperasi, agar setiap fasilitas dapat terawat dan terjaga serta bermanfaat untuk waktu yang lama.

Baca juga:  Program BIE-D Upaya Menuju Indonesia Emas 2045

Sementara, melalui kegiatan tersebut Komandan Korem 091 / ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi, mengapresiasi dukungan dari Pemkab Berau itu. Bahkan, dikatakannya bentuk dukungan Pemkab Berau bukan hanya dalam hal moral saja. Melainkan, Pemkab Berau juga telah mengalokasikan sebagian anggaran dari APBD Berau TA 2022 untuk membantu pembangunan Makodim 0902 / BRU.

“Tentu, apabila gedung Makodim ini telah berdiri pastinya akan berakselerasi untuk menunjang dan menopang visi misi dari Bupati dan Wakil Bupati Berau. Dikarenakan sesuai Pasal 7 Ayat 5 UU Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI disebutkan bahwa salah satu tugas TNI AD adalah membantu tugas pemerintah di daerah,” pungkasnya. (*/CTN)

Bagikan:

[the_ad id="15053"]
[the_ad id="15055"]
[the_ad id="15594"]