• Jumat, 12 April 2024

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI Diharapkan Bangkitkan Nilai-Nilai Perjuangan dan Nasionalisme Di Berau

BERAU, LENSAKU – Sosialisasi Empat Pilar MPR RI 2022 kembali digelar di Kabupaten Berau. Kegiatan yang dibuka dan dihadiri oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih, turut menghadirkan pemateri dari Anggota Komisi II DPR RI, KH. Aus Hidayat Nur, yang digelar di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, pada Kamis (28/7).

Sosialisasi empat pilar sendiri ialah penguatan materi serta pemantapan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Dalam kegiatan sosialisasi itu, Bupati Berau membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Anggota DPR – MPR RI, KH. Aus Hidayat Nur menyampaikan, sosialisasi ini adalah tugas negara yang menjadi beban bagi anggota DPR RI dan anggota DPD RI yang mana anggota DPR dan DPD ini merupakan anggota MPR. Dasar hukum sosialisasi empat pilar ini adalah UU Nomor 17 Tahun 2014, UU Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan intruksi presiden nomor 6 tahun 2005 tentang dukungan kelancaran pelaksanaan sosialisasi UUD NKRI 1945 yang dilakukan oleh MPR.

“Memang tugas dan kewajiban MPR seluruhnya untuk memasyarakatkan empat pilar”, katanya.

Dijelaskannya, Pemerintah juga mempunyai lembaga yang disebut dengan BPIP untuk Pengamalan Ideologi Pancasila. Itu pun juga bekerjasama dengan DPR komisi II, yang nantinya juga akan melakukan sosialisasi-sosialisasi terkait ideologi pancasila.

” Dan sosialisasi nya ditanamkan kepada birokrasi, Karena ini berasal dari pemerintah”, jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Berau Sri Juniarsih, mengatakan, bahwa dirinya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini , karena hal ini merupakan sebagai upaya yang sangat esensial dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Bupati juga mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme rakyat Indonesia terutama bagi masyarakat Berau yang hidup dalam iklim keberagaman.

Untuk diketahui bersama, tujuan sosialisasi ini ialah untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, agar dapat di hayati oleh masyarakat secara utuh, menyeluruh, dan berkelanjutan. Dengan demikian pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara harus ditumbuh kembangkan, terutama bagi generasi muda, agar tetap berkarakter bela negara. Sebab, kepada generasi mudalah ke empat pilar ini akan dititipkan.

“Dan melalui kegiatan sosialisasi ini, juga diharapkan terbentuknya SDM dikabupaten Berau yang berkualitas, berbudi luhur, berakhlak mulia, dan berdaya saing tinggi. Sebagai modal utama pembangunan daerah”, pungkasnya. (*/CTN)

Read Previous

Pelaku UMKM Berau Ikuti Penyuluhan LBPH-PUMK Dari Pemprov Kaltim

Read Next

Pemkab Berau Lirik Cuan Kapal Wisatawan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular