Bulan Vitamin A, Bupati Berau Pantau Tumbuh Kembang Balita di Posyandu Kampung Maluang.

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau mulai melaksanakan Pencanangan Gebyar Bulan Timbang, Pemantauan Tumbuh Kembang dan Pemberian Vitamin A untuk Balita yang tinggal di tingkat kampung. Dengan bersinergi bersama posyandu, pihaknya berharap pemberian Vitamin A untuk tingkat kampung dapat terpenuhi.

Kali ini dipantau langsung oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih. Dimana dirinya menyambangi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Cucok Rowo, RT 01, Kampung Maluang, Kecamatan Gunung Tabur, pada Selasa (2/8).

Dalam sambutannya, Sri Juniarsih menyampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi dari Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 30 Juli 2019 tentang Integrasi Operasi Timbang dengan Pemantauan Perkembangan Pemberian Kapsul Vitamin A, yang kemudian ditindaklanjuti dengan terbitnya SE Bupati Berau pada tanggal 12 Juli 2022 tentang pelaksanaan gebyar bulan timbang, pemantauan tumbuh kembang dan pemberian vitamin A pada balita.

“Hal ini sebagai wujud ikhtiar kita dalam memastikan kualitas kesehatan tumbuh kembang anak-anak di Kabupaten Berau agar terhindar sekaligus terlindungi dari berbagai penyakit dengan pemberian memantau tumbuh kembangnya secara insentif,” katanya.

Dalam hal itu, pemerintah akan melakukan identifikasi gangguan pertumbuhan dan intervensi sejak dini terutama pada 1000 hari kehidupan, sehingga terjadinya masalah gizi dan kesehatan dapat dicegah sedini mungkin.

“Karena itu upaya perbaikan gizi pada usia balita sebagai investasi kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang individu, keluarga, dan masyarakat umum perlu dilakukan dengan melibatkan pihak maupun perangkat terkait,” tuturnya

Sejalan dengan hal tersebut, Bupati mendorong kepada segenap pihak terkait untuk selalu memperhatikan ketersediaan SDM penyelenggaraan sekaligus fasilitas penunjang, seperti timbangan, papan panjang badan, kapsul Vitamin A, program pemberian makanan tambahan (PMT), dan penyuluhan dimasing-masing posyandu sebagai upaya meningkatkan kunjungan pada saat Bulan penimbangan.

Baca juga:  Laga Kabaddi Pantai, Tuan Rumah Harus Puas 2 Medali Perunggu

“Ini menjadi penting, sebab salah satu tujuan dari dilaksanakan bulan timbang setiap Februari dan Agustus ini adalah untuk memperoleh data yang valid yang akan sangat berpengaruh pada perencanaan dan pengaduan kebijakan terhadap masalah gizi, terutama Stunting dan Wasting yang terjadi di Kabupaten Berau,” ujarnya.

Bupati berharap, program bulan timbang ini juga dapat dilaksanakan diseluruh wilayah kabupaten Berau, termasuk kampung-kampung terjauh dari Tanjung Redeb, agar pembangunan Kesehatan di Kabupaten Berau senantiasa adil dan merata. “Kita semua tentu berharap, anak-anak kita tumbuh dengan sehat dan membanggakan, dimanapun mereka tinggal,” pungkasnya. (*/CTN)

Read Previous

Job Fair Bursa Kerja 2022 Dibuka, Disnakertrans Berau Utamakan Tenaga Kerja Lokal

Read Next

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Perumda Air Minum Batiwakkal Lakukan Bimtek di Akatirta Magelang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *