Job Fair Bursa Kerja 2022 Dibuka, Disnakertrans Berau Utamakan Tenaga Kerja Lokal

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus berupaya mendorong penyerapan tenaga kerja lokal. Salah satunya melalui Job Fair Bursa Kerja yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau untuk seluruh calon tenaga kerja.

Bertempat di Lantai 3, Kantor Disnakertrans Berau, Tanjung Redeb, pada Selasa (2/8) kegiatan tersebut melibatkan 8 perusahaan yang beroperasi mulai dari bidang pertambangan hingga perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Berau. Diantaranya PT Fajar Anugerah Dinamika, PT Pama Persada, PT Kaltim Diamond Coal, PT HPMU, PT HPU, PT Dwiwira Lestari Jaya, PT Yuda Wahana Abadi, dan PT Marina Bara Lestari.

Kegiatan ini pun dihadiri oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Sri Juniarsih mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah positif dalam upaya penyerapan tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau. Tujuannya, tentu untuk mendukung percepatan pembangunan yang berkualitas dan kesejahteraan sumber d di Kabupaten Berau.

“Langkah ini harus kita dukung dan kita apresiasi. Dikarenakan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat yang bakal mendatangkan dampak positif bagi masyarakat Berau secara umum terutama bagi pemuda yang baru lulus sekolah,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut sebagai salah satu jalan bertemunya para pemberi dan penerima kerja. Melalui agenda Job Fair ini para pencari kerja memiliki kesempatan untuk memilih kerja yang diinginkannya sesuai dengan kapasitas maupun integritas keilmuan masing-masing.

“Program ini biasanya terhambat karena pendanaanya yang terbatas, sementara jumlah pencari kerja setiap tahunnya akan terus bertambah,” jelasnya.

Bupati menyebut, angka pengangguran di Kabupaten Berau pada tahun 2021 tercatat ada 6557 orang. Tingginya angka pengangguran tersebut, Pemkab Berau berkomitmen menekan angka ini melalui berbagai langkah. Mulai dari memberikan pelatihan kewirahusahaan, menjalin kerjasama dengan perusahaan, dan tentunya pelaksanaan bursa transfer kerja selama dua hari ini sebagai salah satu informasi lowongan kerja yang disebarluaskan kepada masyarakat.

Baca juga:  Bobol 8 Minimarket Di Tanjung Redeb, Pasutri Ini Ditangkap Satreskrim Polres Berau

“Untuk itu kesempatan ini tentu saja harus kita manfaatkan bersama-sama. Dengan Job Fair Bursa Kerja ini, saya berharap terserap tenaga kerja yang berkualitas, berdaya saing, dan memang diperlukan oleh perusahaan dan penyedia kerja lainnya. Sehingga angka pengangguran dapat ditekan serendah rendah nya dan untuk memberikan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata dapat kita wujudkan,” ucapnya.

Selain itu, Bupati juga menekankan program pendidikan, pelatihan bagi pencari kerja di Kabupaten Berau saat ini lagi diinformasikan dengan dasar pemikiran bahwa penuntasan pengangguran maupun kemiskinan merupakan tanggung jawab pemerintah bersama semua pihak utamanya pihak perusahaan.

“Makanya kami mengharapkan kerjasama yang baik pihak perusahaan untuk memprioritaskan tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau,” ucapnya.

Sementara, Kepala Disnakertrans Berau, Masrani mengatakan, Job Fair Bursa Kerja ini ditargetkan dapat menarik 500 tenaga kerja. Dimana dari jumlah tersebut diutamakan untuk menyerap tenaga kerja lokal.

“Jadi, alhamdulillah Job Fair tahun ini baru pertama kali digelar di Kabupaten Berau dan kami mengadakan 2 hari berturut-turut. Nantinya, kami prioritaskan para calon pekerja yang ber-KTP Berau,” ujarnya.

Sedangkan, Masrani menambahkan, untuk tenaga kerja yang berasal dari luar Kabupaten Berau harus minimal 1 tahun ber-KTP Berau. Pasalnya, kebijakan tersebut memang diutamakan untuk menjalankan regulasi peraturan daerah (perda) dan peraturan bupati (perbup) terkait penyerapan tenaga kerja lokal.

Masrani mengaku, di hari pertama saja sebanyak 94 orang yang mendaftar sebagai calon tenaga kerja. Disnakertrans Berau pun menargetkan juga bakal menggelar job fair ini sebanyak 2 – 3 kali per tahunnya di Kabupaten Berau.

“Kami berencana untuk terus mengadakan pelatihan bagi para tenaga kerja dengan melakukan sosialisasi untuk lulusan baru. Ke depan, kami bisa bersinergi dengan sekolah atau perguruan tinggi di Berau,” pungkasnya. (*/CTN)

Baca juga:  Konten Kreator Berau Diberikan Panggung, Pemkab Janji Adakan Lomba Di Akhir Tahun

Read Previous

Tren “Fashion Week” Masuk Ke Berau, Disbudpar : Peluang Untuk Promosi Busana Khas Batiwakkal

Read Next

Bulan Vitamin A, Bupati Berau Pantau Tumbuh Kembang Balita di Posyandu Kampung Maluang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *