• Kamis, 28 Maret 2024

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Perumda Air Minum Batiwakkal Lakukan Bimtek di Akatirta Magelang

BERAU, LENSAKU – Kualitas pelayanan kepada pelanggan sangat tergantung oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh Perumda Air Minum Batiwakkal. Untuk itu perusahaan pelat merah ini berupaya untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ini dilakukan dengan mengadakan Bimbingan Teknis di Magelang bekerjasama dengan Akademi Tirta Wiyata Magelang Jawa Tengah. Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal, Saipul Rahman menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan bukti komitmen Perumda Batiwakkal untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Agar optimal meningkatkan kualitas perusahaan, Perumda Batiwakkal mengirimkan seluruh pegawai untuk mengikuti Bimtek secara bergelombang yang terbagi dalam 5 kelompok. Pemberangkatan dalam 5 kelompok ini sengaja dilakukan agar kegiatan ini tidak mengganggu pelayanan air minum sehari-hari. Kegiatan dilakukan sejak akhir Juli 2022 dan dijadwalkan akan selesai pada awal September 2022 mendatang.

“Bimtek ini akan berfokus pada tata kelola perusahaan khususnya terkait penyusunan dan perbaikan Standard Operational Procedure (SOP). Pelatihan ini sengaja dilakukan dengan melibatkan seluruh pegawai agar SOP dapat disusun secara partisipatif dan bottom-up,” ujarnya, Selasa (2/8).

Dengan perbaikan terhadap SOP ini diharapkan nantinya kualitas, kuantitas, kontinyuitas pelayanan diharapkan akan meningkat. Saipul menambahkan, adanya pendekatan partisipatif ini maka diharapkan pelaksanaan SOP akan lebih efektif dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Dirinya berharap, dengan adanya pelatihan ini maka akan muncul kesamaan persepsi tentang bagaimana cara memajukan perusahaan.

“Penyamaan persepsi ini penting karena arah gerak setiap orang di perusahaan harus sama. Jangan sampai Direktur mau ke barat tapi pegawainya mau ke timur. Perusahaan hanya bisa maju jika semua orang bergerak kearah yang sama sehinga seluruh energi terfokus untuk mencapai target,” ucapnya.

Dalam pembukaan acara ini secara resmi, Suparto Edy Sucahyo selaku Direktur Akademi Tirta Wiyata menyambut baik inisiatif Perumda Batiwakkal. Selanjutnya, Suparto menegaskan, dukungan Akademi Tirta Wiyata untuk terus berupaya memberikan yang terbaik dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang menjadi salah satu perhatian utama Perumda Batiwakkal ini.

“Kami sudah banyak mendampingi ratusan PDAM seluruh Indonesia dan tidak banyak Direktur yang berpandangan jauh kedepan seperti Berau, “ pungkasnya. (*/CTN)

Read Previous

Bulan Vitamin A, Bupati Berau Pantau Tumbuh Kembang Balita di Posyandu Kampung Maluang.

Read Next

Belum Ada Perda, Dishub Berau : Penindakan Parkir Liar Hanya Teguran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular