• Minggu, 21 April 2024

Turnamen Catur Bupati Cup 2022 Ditutup, Juara 8 Besar Berpotensi Maju ke Porprov VII Kaltim

BERAU, LENSAKU – Turnamen Catur Bupati Cup 2022 secara resmi ditutup. Total sebanyak 32 peserta menjadi juara dari masing-masing kategori pada perhelatan akbar yang disebut sebagai puncak hegemoni seleksi untuk ajang Porprov VII Kaltim.

Turnamen tersebut digelar di Gedung Balai Mufakat, Jalan Cendana, Tanjung Redeb, pada Minggu (14/8) dan dibagi dalam 4 kategori, diantaranya : U-15, U-18, Kategori Umum, dan Veteran. Setelah diadakan selama 2 hari berturut-turut, seluruh pertandingan ditutup dengan penentuan juara 8 besar untuk kategori Umum.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Berau, Fitrial Noor berkata, pada turnamen kali ini hanya diambil 8 besar juara dari masing-masing kategori. Dimana setiap peserta yang berhasil meraih peringkat tersebut berpotensi untuk mewakili Kabupaten Berau pada perhelatan besar di tingkat provinsi, yakni Popda Kaltim 2022 dan Porprov VII Kaltim.

“Pada kategori U-15 dan U-18 bakal kami panggil untuk kejuaraan Popda Kaltim tahun 2022 di Paser pada bulan Oktober nanti. Sedangkan, untuk kategori Umum dan Veteran itu persiapan untuk Porprov Kaltim VII nanti,” tuturnya.

Akan tetapi, tidak serta merta mereka yang juara itu langsung menjadi atlet. Pasalnya, Fitrial menerangkan, masih ada babak tambahan yang dikhususkan kepada 8 besar tersebut untuk diseleksi kembali agar dapat menjadi atlet catur perwakilan Berau.

“Jadi, juara 8 besar dari masing-masing kategori itu bakal diundang secara khusus untuk ikut seleksi lanjutan. Yang mana memang mereka berpotensi untuk kami terbitkan sebagai atlet. Kuotanya kami perkecil untuk 8 – 10 orang saja,” terangnya

Nama-nama yang menjadi juara itu pun akhirnya diumumkan. Dipastikan, mereka lah yang bakal dipanggil kembali untuk persiapan pada ajang turnamen selanjutnya dengan tingkatan yang lebih tinggi. Berikut nama-nama peserta yang menjadi juara di setiap kategori :

• Kategori U-15
– Juara 1 : Al-Asqalani
– Juara 2 : Aji Bintang Natta Kesuma
– Juara 3 : Muhammad Alwi
– Juara 4 : Hardian Prawiro Notonagoro
– Juara 5 : Muhammad Chusnul Multazam
– Juara 6 : Mylove Artti Benedicta
– Juara 7 : Chandra Sutanto
– Juara 8 : Gading Berardo Ardiansyah

• Kategori U-18
– Juara 1 : Sergie Rdones Lepong
– Juara 2 : Kristian Demetris
– Juara 3 : Fakhri Izza Maulana
– Juara 4 : Ade Indriani Agustina
– Juara 5 : Muhammad Rangga
– Juara 6 : Muhammad Fatih Ammar N.
– Juara 7 : Vireno Imanuel Deslovic
– Juara 8 : Muhammad Ario Sya’ban

• Kategori Umum
– Juara 1 : Mohammad Wahban Hilal
– Juara 2 : Muhammad Noor
– Juara 3 : Sulhan
– Juara 4 : Geger Santoso
– Juara 5 : Ismail
– Juara 6 : Janualdi Daman Huril
– Juara 7 : Zainul Arifin
– Juara 8 : Ridwan

• Kategori Veteran
– Juara 1 : Misra
– Juara 2 : Pattah Hidayat
– Juara 3 : Kherianto
– Juara 4 : Sianovember Pasaribu
– Juara 5 : Darma Abdul Malik
– Juara 6 : Masruansyah
– Juara 7 : Baderun
– Juara 8 : Mesak Bungin

Hadiah dan penghargaan diberikan secara langsung oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih, yang turut hadir pada saat acara penutupan. Dalam sambutannya, dirinya menyampaikan apresiasinya kepada Percasi Berau serta panitia penyelenggara atas suksesnya perhelatan turnamen itu.

“Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya karena telah konsisten memberikan pembinaan cabang olahraga catur, sehingga mampu melahirkan bibit – bibit atlet daerah yang berkualitas dan mampu bersaing,” ucapnya.

Bupati juga menyampaikan, bahwa sejatinya gairah dunia olahraga di Kabupaten Berau sedang tumbuh dan kualitas atlet asli Bumi Batiwakkal (julukan untuk Kabupaten Berau), tidak kalah dengan lainnya. Dirinya pun berharap ajang turnamen tersebut dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai ajang untuk latihan dan asah mental.

Bupati juga meminta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau beserta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Berau untuk menjalankan pembinaan secara menyeluruh demi pencarian atlet berbakat di setiap wilayah Kabupaten Berau.

“Saya melihat ajang pertandingan ini juga diikuti oleh kalangan anak-anak. Tentu, ini merupakan peluang yang sangat baik untuk dipanggil dan dioptimalkan. Persiapkan mereka sejak sekarang agar kelak menjadi atlet catur berkualitas di masa yang akan datang,” pungkasnya. (*/CTN)

Read Previous

Jelang Upacara HUT RI Ke – 77, Persiapan Paskibraka Tana Tidung Sudah Siap 100 Persen

Read Next

Petani Di Kampung Buyung-Buyung Bakal Difasilitasi Lumbung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular