*KKM Bone menjadi ‘Lopi’ Meraih Sipakalebbi di Bumi Tenguyun*

Vinkmag ad

TANJUNG SELOR, LENSAKU – KKM BONE* – Deru ombak, tiupan angin sepoi menjadi saksi suksesnya Rapat Kerja dan Silaturahmi Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) Kabupaten Bulungan yang diselenggarakan di Balai Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Sabtu 20 Agustus 2022 sore.

Sejumlah tokoh KKM Bone Kabupaten Bulungan seperti H Abidin Patte (Ketua DPK KKM Bone) Kabupaten Bulungan, H Mustafa (tokoh KKM Bone), masyarakat Bone perantauan, maupun masyarakat bertali darah Bone di Kabupaten Bulungan sepakat dan mendukung KKM Bone menjadi ‘lopi’ atau bahtera untuk mencapai suatu tujuan mulia yang berlandaskan prinsip masyarakat Bugis Bone yakni Sipakainge, Sipakatau, Sipakalebbi yang bermakna saling mengingatkan, saling memanusiakan, dan saling menghormati satu sama lain.

KKM Bone sepakat saling mengingatkan akan hal-hal positif di berbagai sendi kehidupan di Kabupaten Bulungan khususnya, di Kalimantan Utara pada umumnya.

Sebagaimana tradisi leluhurnya, masyarakat KKM Bone memegang teguh prinsip saling memanusiakan, tolong-menolong, tanpa pamrih dan membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Di Bulungan, biasa disebut ‘Tenguyun’ (Bahasa Bulungan) yang bermakna bersama-sama atau bergotong-royong.

Yang tidak kalah penting, KKM Bone berkomitmen penuh saling menghormati satu sama lain. Tidak hanya dengan masyarakat Bone semata, tetapi bersama seluruh suku, ras, dan agama di Kabupaten Bulungan.

KKM Bone memegang teguh pappaseng/petuah ‘Tega wanua maradde’, kotonitu makkacue ri ade pangadereng malebbi’na’. Maknanya, ‘Di mana bumi dipijak, di sanalah langit dijunjung’.

Pesan tersebut sejalan dengan prinsip yang tertanam pada setiap perantau dan warga keturunan/berdarah Bone di Kabupaten Bulungan, yakni Sumange Teallara yang bermakna teguh dalam keyakinan, kukuh dalam kebersamaan.

Untuk diketahui, Rapat Kerja dan Silaturahmi DPK KKM Bone Kabupaten Bulungan diikuti kurang lebih seratusan masyarakat dan tokoh-tokoh Bone, baik dari Tanjung Selor, maupun dari desa-desa dalam wilayah Kecamatan Tanjung Palas Timur.

Baca juga:  Komunitas Gojek Berau Serahkan Bantuan Alat Dapur Untuk Korban Kebakaran

Tetamu hadir seperti Camat Tanjung Palas Timur, perwakilan Polsek Tanjung Palas Timur, serta sejumlah kepala desa dan RT setempat.

Rapat kerja tersebut menghasilkan beberapa poin program yang terbagi atas program tahunan, program rutin, dan program bidang.

Bidangnya, terbagi atas Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi; Pemuda dan Olahraga; Pendidikan dan Kerohanian; Seni, Budaya, dan Pariwisata; Humas dan Teknologi Informasi; serta Sosial dan Pemberdayaan Perempuan.

Merangkai Rapat Kerja dan Sulaturahmi, KKM Bone menyelenggarakan turnamen bertajuk ‘Domino Competition 2022’ berhadiah total puluhan juta rupiah. Ajang olahraga tradisional ini berhasil membaurkan berbagai latar belakang masyarakat dalam suasana silaturahmi yang hangat dan penuh suka cita. (**)

Read Previous

Berantas Peredaran Narkotika, Polres Berau Musnahkan 625,84 Gram Sabu

Read Next

PN Tanjung Selor Jajaki Kerja Sama Pelayanan Bersama Pemkab Bulungan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *