Lomba Perahu Panjang Tidak Masuk Rangkaian Acara, Ini Kata Disbudpar Berau!

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Kisi-kisi rangkaian perayaan hari jadi Kabupaten Berau ke-69 tahun dan Kota Tanjung Redeb ke-212 tahun sudah dibocorkan. Akan tetapi, dari daftar susunan itu tidak ada lomba perahu panjang tradisional.

Padahal, perlombaan khas Berau yang seharusnya menjadi agenda tahunan itu pernah ditiadakan sejak 2 tahun lalu lantaran adanya pandemi COVID-19. Tampaknya hal yang serupa juga bakal terjadi pada tahun ini.

Setelah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau membeberkan rangkaian acara yang bakal dimeriahkan pada puncak hari jadi itu. Dari susunan rangkaian tersebut, Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir mengaku, lomba perahu panjang tradisional memang tidak dianggarkan dan dicatat dalam rangkaian acara.

Tidak ada penjelasan dari mantan Kepala DPMPK Berau itu terkait alasan tidak dimasukkannya lomba perahu panjang tradisional. Namun, dirinya menjamin bahwa pihaknya bakal merundingkan kembali terkait pertimbangan untuk diadakannya lomba.

“Kami tidak bisa memastikan lomba tersebut ada ataupun tidak ada karena akan dibicarakan lagi,” tuturnya, saat ditemui di rumah dinasnya, Jalan Pulau Panjang, Tanjung Redeb, Rabu (31/8).

Kendati rangkaian acara sudah dibocorkan, Ilyas mengaku, masih ada harapan lomba tersebut bisa digelar. Demikian juga dirinya yang berharap lomba tradisional itu dapat dilaksanakan. Tatkala, beberapa kegiatan ekspo sudah diperbolehkan tidak menutup kemungkinan hari jadi Kabupaten Berau akan lebih meriah. Apalagi lomba perahu panjang menjadi daya tarik masyarakat.

“Seperti Pesta Bakar Ikan itu kan setelah dirundingkan baru kembali diadakan. Saya inginnya memang ada lomba itu. Lihat nanti setelah dibicarakan,” ucapnya.

Sementara, dari jumlah rangkaian acara, ada beberapa kegiatan yang akan ditampilkan, salah satunya adalah upacara hari jadi yang bakal digelar di GOR Pemuda pada 15 September 2022 mendatang.

Baca juga:  KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

Selanjutnya, pada puncak hari jadi itu juga bakal menampilkan beberapa lomba, diantaranya lomba lagu daerah tingkat SMA pada 10-12 September 2022 serta lomba Puncak Rasul dan Ancur Paddas pada 16 September 2022. Selain itu, kuliner tradisional massal dan panggung hiburan rakyat juga bakal digelar pada tanggal yang sama.

Pawai Budaya dan Tausyiah Agama juga akan memeriahkan rangkaian puncak hari jadi Berau pada 17 September 2022. Terakhir, adalah Pesta Bakar Ikan “Abut Manutung Jukut” yang akan digelar di Tepian Ahmad Yani pada 18 September 2022. (*/CTN)

Read Previous

Dua Pengedar Sabu Diringkus Polsek Teluk Bayur

Read Next

KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023 Utamakan Program Kerja Masyarakat, Ini Daftar Alokasinya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *