• Minggu, 21 April 2024

Wujudkan Pelayanan Bongkar Muat Secara Maksimal, DPC APBMI Berau Miliki Gedung Baru

BERAU, LENSAKU – Angin segar untuk Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (DPC APBMI) Kabupaten Berau. Seluruh jajaran mulai dari pengurus hingga anggota kini memiliki gedung baru sebagai tempat untuk berkumpul dan berdiskusi satu sama lain.

Bertempat di Jalan Winanda IV, Kelurahan Sambaliung, gedung yang megah itu pun akhirnya diresmikan dan mulai dibuka. Diresmikan secara langsung oleh Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tanjung Redeb beserta perwakilan DPW APBMI Kalimantan Timur, DPP APBMI, PT Pelindo, dan PT PASN Berau pada Selasa (30/8).

Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian mengaku, kehadiran gedung baru itu ditargetkan dapat menjadi energi baru untuk mendukung pemerintah dalam menyukseskan kelancaran arus barang dan mewujudkan sistem logistik nasional yang efektif dan efisien sesuai amanat UU Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran serta turunannya, yakni PP Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Angkutan Perairan.

“Jajaran APBMI Berau ini baru pertama kali memiliki kantor yang sudah permanen. Tentu, momentum ini merupakan salah satu pemicu mereka untuk mendukung program dan langkah perbaikan peningkatan logistik di masa yang akan datang,” tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa gedung tersebut sepenuhnya menjadi milik para pengurus DPC APBMI Berau serta para anggota APBMI se-Kabupaten Berau. Dimana jumlah perusahaan bongkar muat yang terdaftar sebagai anggota di KUPP Kelas II Tanjung Redeb adalah 24 perusahaan.

“Nantinya, sudah kami sampaikan data itu kepada pengurus DPC APBMI Berau. Silahkan nanti dibimbing dan dibina anggota-anggota itu agar sejalan dengan visi-misi, arahan, dan kebijakan dari pemerintah yang dalam hal ini adalah kementrian atau lembaga instansi terkait,” imbuhnya.

Selain itu, Hotman juga memaparkan dalam rangka menyesuaikan perubahan paradigma dan lingkungan strategis terhadap pemisahan pangkalan antara fungsi regulator dan operator yang jelas, ditargetkan peranan DPC APBMI untuk mendukung ketentuan-ketentuan dan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat, terutama untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat atau pengguna jasa.

“Sebagaimana untuk mewujudkan itu, kami perlu menjalankan peningkatan sektor peralatan dan pengembangan sektor kualitas, keterampilan, serta keahlian sumber daya manusia (SDM) di bidang keanggotaan,” jelasnya.

Hotman pun berharap peresmian kantor tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana saling bertukar pikiran oleh para anggota DPC APBMI, menyampaikan berbagai wacana, dan dapat memberikan kontribusi yang positif kepada pemerintah untuk mewujudkan peningkatan pelayanan jasa bongkar muat di pelabuhan secara maksimal.

Dirinya juga berharap sinergitas antara DPC APBMI Berau dengan pegurus tingkat wilayah maupun pusat dapat berjalan dalam rangka saling memberikan pelatihan bongkar muat. Dengan gedung baru ini, ia juga menekankan kepada pengurus dan anggota DPC APBMI Berau agar dapat memulai penyusunan program kerja.

Sementara, Ketua DPC APBMI Berau, Juniar Rizal mengungkapkan, hadirnya gedung baru sebagai kantor sekretariat nantinya bakal mempertahankan jalinan yang sudah terbina dengan baik terhadap perusahaan – perusahaan bongkar muat di seluruh Kabupaten Berau.

“Kami mengapresiasi kepada segala pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan gedung ini. Diupayakan nantinya untuk dapat mengakomodir segala pertemuan terhadap setiap anggota perusahaan bongkar muat agar pelayanan dapat semakin meroket,” pungkasnya. (*/CTN)

Read Previous

Polsek Biduk-Biduk Gerebek Judi Kartu, 5 Orang Ditangkap

Read Next

Jajaran Struktural Beserta Perusahaan Dukung Program Sinergitas DPC APBMI Berau

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular