Local Media Outlook 2023 Tren dan Potensi Bisnis Media Digital 2023

Vinkmag ad

JAKARTA, LEBSAKU.ID – Munculnya pandemi sangat berdampak pada berbagai sektor, terutama bisnis dan ekonomi. Ketika pandemi melanda, akselerasi transformasi digital yang mendesak juga semakin diperlukan. Semua perusahaan dari berbagai ukuran dan industri dipaksa untuk beradaptasi dengan teknologi digital.

Covid-19 menjadi kejutan besar bagi banyak orang untuk membiasakan diri dengan penggunaan teknologi. Hasilnya, terjadi perubahan besar pada saat ini. Tren belanja online semakin diminati, bahkan budaya kerja dengan sistem hybrid juga terjadi di berbagai industri.

Pada 2023, tren digital juga diprediksi mengalami pergeseran. Melansir dari Data Reportal, sekitar dua pertiga populasi dunia akan menggunakan media online pada akhir tahun 2023. Artinya, selama 2023 internet akan menjangkau lebih banyak orang sama seperti jangkauan siaran televisi. Menurut data Statista ada 5,41 miliar orang yang dapat mengakses siaran TV.

Sementara itu, menurut Kepios, sebanyak lebih dari tiga perempat audiens yang diteliti (usia 13 tahun ke atas) sudah menggunakan media sosial. Diperkirakan, jumlah pengguna media sosial akan meningkat hingga 5 miliar pada 2023.

Tren digital 2023 diprediksi banyak menggunakan konten berbasis video sebagai fokus utama dalam pemasaran digital. Sebab, konten video dapat menarik perhatian audiens untuk waktu yang lebih lama. Video berdurasi pendek bahkan sudah menggemparkan dunia pemasaran sejak tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Hubspot, sebanyak 90% bisnis yang menggunakan video berdurasi pendek dapat meningkatkan atau mempertahankan investasi pada tahun depan. Kemudian, 1 dari 5 pebisnis berencana untuk memanfaatkan video berdurasi pendek untuk pertama kalinya pada tahun 2023.

Live streaming juga terbukti menjadi tren pemasaran yang efektif. Menurut Data.ai, konsumen menghabiskan sekitar 548 miliar jam streaming melalui perangkat seluler pada tahun 2021.

Baca juga:  Tingkatkan Kinerja Pelaksanaan Anggaran 2023, Polda Kaltara Gelar Bimtek

Lantas bagaimana dampak tren digital 2023 tersebut pada media lokal? Untuk membuat para pengelola media lokal mampu menangkap peluang dari tren digital 2023 tersebut, Suara.com bersama International Media Support (IMS) hendak menggelar Local Media Outlook 2023. Acara ini akan dihelat secara daring pada Kamis, 26 Januari 2023, pukul 15.00 WIB – selesai.

Local Media Outlook 2023, ini akan menghadirkan narasumber sebagai berikut:
Dio (Snack Video)
Annisa Rahmatillah (SukabumiUpdate)
Eva Danayanti (International Media Support)
Suwarjono (Suara.Com)

Untuk pendaftaran silahkan kunjungi:
https://s.id/localmediaoutlook2023

Read Previous

Capt. Masri Tulak Jabat Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb

Read Next

Tingkatkan Kinerja Pelaksanaan Anggaran 2023, Polda Kaltara Gelar Bimtek

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *