• Selasa, 16 Juli 2024

Bupati Berau Resmikan Community Centre dan MCK Komunitas Adat Terpencil Maluang

ERAU, LENSAKU.ID – Community Centre dan sarana air bersih dan MCK Komunitas Adat Terpencil (KAT) Maluang telah dibangun. Kegiatan yang dikerjakan pada tahun 2022 itu kini diresmikan oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, Senin (29/5). Dan selanjutnya siap untuk dimanfaatkan oleh masyarakat KAT Maluang.

Peresmian ditandai dengan penguntingan pita dan penandatanganan prasasti pembangunan. Pemenuhan fasilitas ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial dengan total anggaran Rp 1,1 miliar.

Kepala Dinsos Berau, Iswahyudi menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir KAT yang ada di Berau telah mendapatkan perhatian dari pemerintah. Dan secara bertahap dipenuhi fasilitas pendukungnya. Secara perlahan KAT yang ada juga telah melebur dan menjadi bagian dalam RT di kampung.

“Dan di KAT Maluang ini juga telah dibantu dari Kemensos. Yang berfokus pada pemberdayaan. Pada tahun lalu mendapatkan bantuan stimulasi kepada 80 kepala keluarga, bantuan peralatan rumah tangga, sarana pendidikan dan MCK,” ujarnya.

Saat ini yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah pembangunan rumah bagi masyarakat KAT Maluang. Dimana lahan yang ada sudah dihibahkan kepada pemerintah daerah. Tinggal dilakukan perencanaan untuk membangun perumahan secara bertahap,” ungkapnya.

Bupati Sri Juniarsih menyampaikan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan Kemensos ini. Diharapkan fasilitas ini bisa dirawat dan dijaga dengan baik. Sehingga memberikan dampak jangka panjang bagi masyarakat.

“Sara air bersih dan MCK ini sangat diperlukan. Terlebih dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrim saat ini. Masyarakat juga harus mulai menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Karena kesehatan ini sangat berpengaruh terhadap generasi yang akan datang,” tegas bupati.

Pemkab Berau disampaikan Bupati memiliki komitmen kuat dalam memajukan kesejahteraan masyarakat. Pada tahun ini akan dibangun juga menara telekomunikasi di KAT Maluang. Pemenuhan fasilitas ini diharapkan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang cepat.

“Komunikasi saat ini merupakan hal dasar dan wajib dipenuhi. Semoga kedepannya fasilitas di KAT Maluang dapat terpenuhi secara menyeluruh,” pungkasnya. (rdk).

Read Previous

Pentas Seni dan Bazar Anak Berkebutuhan Khusus Resmi Dibuka Bupati Berau

Read Next

Kejuaraan Bola Voli Indor Open 2023 Resmi Dibuka Bupati Berau

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular