• Minggu, 21 April 2024

Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Berau di Daulat Menjadi Inspektur Upacara

BERAU, LENSAKU.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau mengelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6). Dalam acara yang dipusatkan di halaman kantor Bupati ini, Bupati Sri Juniarsih Mas didaulat sebagai inspektur upacara.

Upacara bendera diikuti oleh Forkopimda, Kepala OPD, TNI, Polri, Korpri dan pelajar. Dengan diawali pengibaran bendera dan pembacaan Pancasila serta UUD 1945.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila ini, seluruh masyarakat diajak untuk bersama-sama dalam membangun bangsa dengan semangat kuat sehingga dapat menghadapi perkembangan jaman yang terjadi saat ini. Sesuai dengan tema dalam peringatan tahun ini ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’.

Bupati Sri Juniarsih membacakan sambutan Presiden Joko Widodo menyampaikan, hari lahirnya Pancasila menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Melalui Pancasila diharapkan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi modern yang sebelumnya tidak pernah muncul dalam penjajahan.

“Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa. Pancasila menjadi filter agar bangsa tidak mengalami disorientasi di masa depan,” katanya.

Peringatan ini pun harus dijadikan momentum dalam melanjutkan perjuangan di era modern saat ini. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan dari dalam setiap masyarakat. Sehingga, pengaruh dari negara luar yang cukup besar dapat ditangkal dengan modal tersebut.

Memasuki tahun politik saat ini diharapkan untuk bersama-sama sukseskan pesta demokrasi. “Mari kita wujudkan pemilu jujur, aman dan damai. Jaga kerukunan dan ciptakan suasan kondusif,” ajaknya. (rdk)

Read Previous

Bupati Berau Dukung Penuh Peningkatan Status Kejaksaan Dari Tipe B ke Tipe A

Read Next

Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, LMND Bulungan Serukan Reformasi Pendidikan Nasional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular