• Kamis, 30 Mei 2024

RKPD 2025 Perlu Mempertimbangkan Agenda Prioritas

TANJUNG SELOR, LENSAKU – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulungan, H. Hamka, meminta agar penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, bisa mempertimbangkan agenda prioritas yang telah disusun.

Pemerintah Kabupaten Bulungan sebelumnya telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Tahun 2024. Forum ini dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025.

“RKPD Pemkab Bulungan tahun depan mengusung tema Peningkatan dan Pemantapan Kualitas Potensi Unggulan Wilayah dengan Pemanfaatan Ekonomi Digital. Kami dari dewan berharap implementasinya selalu mempertimbangkan agenda prioritas yang telah disusun dalam RPJMD,” kata Hamka (9/4).

Sebagaimana diketahui, 15 program prioritas tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkab Bulungan Tahun 2021 – 2026. Kelima belas program prioritas ini disebut meliputi berbagai bidang pembangunan. Mulai dari bidang pertanian, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial masyarakat.

Lanjut dia, DPRD telah mengawal setiap tahapan Musrenbang. Utamanya dari tingkat kecamatan sampai forum konsultasi publik dan forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Usulan kategori bottom up dan top down sudah direkapitulasi oleh OPD terkait. Penekanannya tentu bagaimana memetakan, mengkanalisasi apa saja usulan yang harus kita angkat sampai pemerintah pusat, mana yang harus disampaikan ke pemerintah provinsi, dan mana yang domainnya di teman-teman pemerintahan desa,” paparnya.

Informasi yang dihimpun, erdasarkan hasil pembahasan dalam forum perangkat daerah dan dipadukan dengan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Bulungan yang dilakukan dengan sistem aplikasi, terdapat sebanyak 231 program dengan 1.557 sub kegiatan dengan nilai usulan anggaran sebesar Rp2,105 triliun pada tahun 2025. (rdk/agp/adv)

Read Previous

Usulan Pembangunan Turap Disampaikan Saat Reses

Read Next

DPRD Bulungan Apresiasi Upaya Peningkatan Pelayanan Publik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular