Bupati Berau Hadiri Syukuran Hasil Laut Kampung Buyung-Buyung

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih, menghadiri acara syukuran hasil laut di Kampung Buyung-Buyung, Kecamatan Tabalar, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Kamis (14/10/2021) pagi. Acara yang digelar tahunan ini merupakan bentuk syukur masyarakat Kampung Buyung-Buyung atas hasil laut yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Kampung Buyung-Buyung memang dikenal sebagai kampung bahari. Pasalnya, rata-rata penduduk di kampung tersebut bermata pencaharian sebagai nelayan. Dalam sektor perikanan, kampung yang terletak di pesisir Berau ini merupakan salah satu daerah penghasil udang laut yang berlimpah.

Di Kampung Buyung-Buyung juga terdapat wilayah tambak udang laut yang dikelola oleh warga dan pemerintah kampung. Setiap harinya mereka dapat menghasilkan ratusan kilogram udang segar hasil tangkapan laut untuk di ekspor ke luar daerah di seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Melalui acara syukuran ini, Kepala Kampung Buyung-Buyung mengungkapan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah-Nya. Ia juga menyampaikan apresiasinya dan terima kasih kepada Bupati Berau yang mendukung penuh budidaya perikanan dan menyempatkan hadir dalam acara syukuran ini.

“Alhamdulillah, Kampung Buyung-Buyung ini memang belum terjamah oleh perusahaan mana pun baik tambang, sawit, pabrik, dan yang lainnya Sehingga kearifan lokal dan hasil alam laut maupun tani masih asri di kampung ini. Saya sangat bersyukur Bupati mau menyempatkan hadir dalam undangan kami dalam syukuran hasil laut ini. Semoga terus diberikan kelimpahan dan kesehatan dari Allah Swt.” ujar Mustafa, Kepala Kampung Buyung-Buyung.

Bupati Berau juga turut mengungkapan rasa syukurnya atas hasil laut yang diperoleh masyarakat Kampung Buyung-Buyung. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa Kampung Buyung-Buyung merupakan salah satu sektor penting yang mendorong pendapatan asli daerah (PAD) dalam sektor hasil laut di Kabupaten Berau.

Baca juga:  Tinjau Beberapa Cabor, Wabup Berikan Apresiasi kepada Atlet Berau

“Alhamdulillah, rasa syukur kepada Allah SWT. sehingga kami masih diberikan kesempatan untuk merasakan berkah-Nya. Terbukti masyarakat Kampung Buyung-Buyung ini memiliki kerja keras yang luar biasa untuk  mencari hasil laut yang berlimpah. Saya berharap tradisi syukuran yang diadakan setiap tahun ini terus berlanjut sampai akhir zaman agar doa syukur kita kepada Allah SWT. tidak pernah berhenti,” ujar Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih.

Bupati juga mengimbau kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Berau untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Kampung Buyung-Buyung. Dalam hal ini, bidang pembenahan fasilitas, ketenagakerjaan, dan pengembangan wisata mangrove di Kampung Buyung-Buyung perlu dilakukan.

“Tentunya ini juga menjadi alasan saya mengajak beberapa OPD seperti Asisten III, Dinas PUPR, dan Disbudpar dalam acara syukuran ini agar segera dilakukan bantuan-bantuan supaya profesi para warga di kampung ini lebih menunjang kedepannya. Kampung Buyung-Buyung ini terkenal akan baharinya dan yang perlu dikembangkan adalah mangrove. Pengembangan potensi pariwisata mangrove di kampung ini perlu dilakukan. Kami siap bekerja sama dengan para yayasan agar wisata mangrove di kampung ini dapat direalisasikan. Nantinya, hasil pariwisata ini bisa digunakan untuk menunjang pendapatan asli kampung (PAK),” tuturnya.

 

Adapun pada acara syukuran ini turut dihadiri oleh Tokoh Kampung dan Tokoh Agama di Kampung Buyung-Buyung. Kemudian, dihadiri juga oleh Camat Tabalar, Saharuddin beserta perangkat camat. Tak hanya itu syukuran ini juga dihadiri oleh Kapolsek Tabalar dan sejumlah masyarakat. Acara syukuran ini digelar secara sederhana dan terbatas untuk menghindari peningkatan kembali Covid-19 meskipun di Kampung Buyung-Buyung ini telah measuki zona kuning. (Chr).

Read Previous

 Kecamatan Teluk Bayur Gelar Musyawarah Kampung, Ini Pesan Camat!

Read Next

Bupati Berau Resmikan Jembatan Titian Kampung Buyung-Buyung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *